Dalam ambisi meluncurkan proyek baru pada tanggal 27 April, sebuah kawasan kelompok bisnis -Osaka telah berjanji untuk menempatkan sebuah robot humanoid di bulan pada tahun 2015.



Kelompok usaha, yang dikenal sebagai SOHLA (Space Orientacy Higashiosaka Leading Association), menjadi berita utama pada Januari 2009 setelah petir mikrosatelit mereka Maido 1 observasi-diluncurkan ke orbit.

Proyek baru mereka adalah untuk mengembangkan robot humanoid berkaki dua - bernama "Maido-kun" - yang dapat berfungsi dalam lingkungan kerasdi Bulan. Jika semua berjalan lancar, Maido-kun akan siap untuk perjalanan ke bulan pada tahun 2015.

SOHLA mengakui ada sejumlah hambatan untuk mengatasi - terutama biaya pengembangan astronomi (sekarang diperkirakan sebesar 1 miliar yen, atau $ 10,5 juta) - tapi mereka optimis tentang pengejaran mereka dan percaya dapat membantu merangsang ekonomi kecil dan menengah lokal dengan mendapatkan produsen yang terlibat dalam perkembangan teknologi ruang angkasa.

Saat ini, SOHLA terdiri dari enam perusahaan lokal yang bekerja dalam kemitraan dengan organisasi-organisasi yang berafiliasi pemerintah seperti Industrial Technology Development Organization (NEDO) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Pada tahun 2005, JAXA mengumumkan rencana berani untuk mengirim robot humanoid berkaki dua ke bulan. Namun, setelah menyadari bahwa banyak kesulitan poses pendaratan dibulan untuk humanoids berkaki dua, mereka memutuskan akan lebih baik jika menggunakan roda.

Mungkin dengan roda akan lebih praktis daripada harus dengan kaki robot, tapi anggota dewan SOHLA Noriyuki Yoshida melihat keuntungan dalam robot yang terlihat seperti manusia. "Humanoid robot yang glamor, dan mereka cenderung membuat orang bersemangat," katanya. "Kami berharap untuk mengembangkan sebuah robot menarik untuk memenuhi impian untuk pergi ke ruang angkasa."

JAXA berencana mengirim robot penjelajah pertama mereka ke bulan pada atau sekitar 2.015, dan SOHLA berharap dengan adanya humanoid Maido-kun akan mendapatkan sarana dalam misi yang sama.





Yomiuri
pinktentacle

2 comments:

  1. Bayangan saya kalau berbentuk laba-laba mungkin lebih pas!

    ReplyDelete
  2. maafkan aku mas, dah lama banget gak silaturahim.....
    hari ini silaturahmi lagi...mudah2an gak dilupain..hehehehe

    ReplyDelete

 
Top