Patung perunggu pendiri Apple Steve Jobs setinggi 7 kaki akan dibangun di Budhapest, Hungaria. Rencananya, patung tersebut akan diperlihatkan kepada publik 21 Desember mendatang.



Perusahaan software Graphisoft ArchiCAD yang punya hubungan dekat dengan Jobs berinisiatif membangun patung tersebut di taman sains Budapest yang terletak di kawasan perkantoran beberapa perusahaan teknologi informasi di Hungaria.

Chairman Graphisof, Gabor Bojar mengatakan kepada Reuters, yang dikutip Kompas Tekno, Jumat (9/12/2011), bahwa ia mengenal Jobs sejak 30 tahun lalu. Gabor menilai Jobs sebagai sosok yang inspiratif.

Gabor kemudian mempercayakan Erno Toth untuk membuat patung Jobs dengan pose yang dinamis, seperti sedang berpidato saat peluncuran produk Apple di mana tangan kanannya memegang iPhone dan tangan kirinya terangkat dengan jari terbuka seperti sedang mengekspresikan sesuatu.

Erno juga mengadopsi gaya berpenampilan Jobs. Patung Jobs ini mengenakan kaos "turtleneck" dengan lengan panjang yang diangkat 7/8 bagian, celana jeans, dan tak lupa kacamata bulat yang jadi ciri khas Jobs.

Jobs yang memiliki nama lengkap Steven Paul Jobs meningga dunial saat berusia 56 tahun, pada 5 Oktober 2011 karena menderita kanker. Saat usia 20 tahun Jobs mendirikan Apple.

Ia sempat dipecat dari perusahaannya sendiri, namun akhirnya ia kembali dan berhasil membuat Apple menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia yang sukses menciptakan iPod dan iPad.



kompastekno

2 comments:

 
Top