Kamera digital terbesar di dunia, baik secara fisik dan kapasitas, akan segera terealisasi.


Kamera yang akan menjadi bagian dari teleskop, tengah dibangun dan diperkirakan akan selesai pada 2014 mendatang

Kamera yang akan menjadi bagian dari Large Synoptic Survey Telescope (LSST) sekarang telah memasuki fase desain. Ini adalah langkah awal untuk perakitan yang akan memakan waktu dua tahun.

Kamera digital terbesar di dunia, baik secara fisik dan kapasitas, akan segera terealisasi. Kamera yang akan menjadi bagian dari Large Synoptic Survey Telescope (LSST) sekarang telah memasuki fase desain. Ini adalah langkah awal untuk perakitan yang akan memakan waktu dua tahun.

Kamera ini nantinya akan mengambil foto-foto dari benda yang ada di luar Bumi. LSST akan melakukan survei selama tiga malam dan mengambil gambar yang setara dengan 800.000 foto berkapasitas delapan megapixel.

Selama tiga malam itu, LSST akan mengambil data sebanyak 30 terabytes tiap malamnya. Kamera yang mampu mengambil gambar dengan spesifikasi seperti itu adalah kamera dengan bobot tiga ton dan mampu menangkap area dengan luas 49 kali luas Bulan dalam satu frame. Gambar lebar dan dalam ini akan menangkap setiap benda yang dekat dengan bumi, dari dark matter hingga dark energy.

DOE dan National Science Foundation yang turut membantu dalam pembangunan kamera ini akan selesai pengerjaan pada tahun 2014. Walaupun masih dalam tahap desain, beberapa bagian kecil mulai dilakukan. Seperti pemasangan cermin sebesar 8,4 meter dan pembangunan rumah teleskop di Cerro Pachon, Chili Utara.


national geographic

1 comments:

  1. Anonymous3/5/12

    hebaaatt. follow balik yah di tagayanhijau.blogspot.com

    ReplyDelete

 
Top