Hari ini, kembali lagi google melalui desan kreatifnya Google Doodle merayakan seorang seniman terkanal, Keith Haring, yang ke 54. Dia adalah seorang seniman dan aktivis sosial yang bekerja merespon budaya jalanan tahun 1980-an New York City. Sebagai seniman, dia mulai menjadi perhatian publik pertama kalinya melalui “gambar kapur” di Subways New York.

Keith Haring lahir pada tanggal 4 Mei 1958 di Reading, Pennsylvania, dan dibesarkan di Kutztown dekat Pennsylvania. Dia mengenal dan mencintai menggambar atau melukis pada usia yang sangat dini, belajar keterampilan dasar kartun dari ayahnya dan dari budaya populer di sekitarnya, seperti Dr Seuss dan Walt Disney.

Anda mungkin mengenal Graffiti sebagi gambar atau tulisan dinding, yang dilukis langsung atau menggunakan cat yang disemprot langsung pada dinding atau permukaan lain di tempat-tempat umum. Di zaman modern, cat, terutama cat semprot , dan spidol telah menjadi bahan grafiti paling umum digunakan. Karena Seni Graffiti atau juga dikenal sebagai budaya Graffiti ini dinilai terlalu bebas dan mengotori property publik maka di beberapa negara dilarang dan dianggap sebagai perusakan dan vandalisme, yang merupakan kejahatan yang harus dihukum. Kecuali pada Negara tertentu, kegiatan Graffiti masih diizinkan pada beberapa area publik yang disediakan pemerintah, masyarakat atau swasta.

Kalau Graffiti selalu dibayangkan pada tembok atau dinding, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Keith Haring. Pada tahun 1980, dia menemukan media yang sangat efektif yang memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas yang ia inginkan, ketika ia melihat panel iklan yang tidak digunakan dan telah ditutupi dengan kertas hitam matte di stasiun kereta bawah tanah. Dia mulai membuat gambar dengan kapur putih pada panel kertas kosong tersebut. Hal ini ia lakukan hampir di seluruh area kereta bawah tanah.

Antara tahun 1980 dan 1985, Haring telah menghasilkan ratusan gambar-gambar publik dengan “garis berirama cepat”. Kadang dalam sehari, Haring dapat menciptakan empat puluh gambar. Apa yang dilakukan Haring, menjadi sebuah aliran gambar yang akrab bagi para komuter New York. Kadang mereka berhenti untuk melihatnya menggambar. Kereta bawah tanah menjadi media kreatifitas Haring. Menurutnya, media tersebut sebagai sebuah “laboratorium” untuk mengerjakan ide-idenya dan bereksperimen dengan garis-garis sederhana.

Gambar dan lukisan karya Haring disamping merupakan pendekatan dari Graffiti namun dalam aliran seni dikenal sebagai ”Pop Art” yaitu gerakan seni yang muncul pada tahun 1950 pertengahan di Inggris dan di akhir 1950-an di Amerika Serikat. Pop Art disajikan sebagai tantangan bagi tradisi seni rupa dengan memasukkan citra dari budaya popular. Pop art mempekerjakan aspek budaya massa , seperti iklan , buku komik dan benda-benda budaya duniawi. Hal ini secara luas ditafsirkan sebagai reaksi terhadap ekspresionisme abstrak , ide lama yang terlalu dominan.

Antara tahun 1980 dan 1989, Haring mendapat pengakuan internasional dan berpartisipasi dalam pameran kelompok maupun tunggal. Pameran tinggal oertama di News York yang diadakan di Ruang Pelukis Westbeth pada tahun 1981. Haring menyelesaikan banyak proyek-proyek publik di pertengahan tahun 80-an, mulai dari animasi untuk the Spectacolor billboard di Times Square, merancang set dan latar belakang untuk teater dan klub, mengembangkan desain jam tangan untuk Swatch dan kampanye iklan untuk Vodka Absolut, dan membuat mural di seluruh dunia

Pada tahun 1988 Haring didiagnosa dengan AIDS, dan pada tahun 1989, ia mendirikan Keith Haring Foundation, yang bertujuan untuk dukungan dana bagi organisasi AIDS dan program anak-anak. Melalui berbagai pameran dan publikasi, lisensi gambar nya menghasilkan dana untuk kegiatan sosial tersebut.

Keith Haring meninggal karena komplikasi terkait AIDS pada usia 31 tahun, yaitu pada tanggal 16 Februari 1990. Sebuah acara peringatan diadakan pada tanggal 4 Mei 1990 di Katedral St. John the Divine di New York City, yang dihadiri lebih dari 1.000 orang.




kompasiana

1 comments:

 
Top