Striker timnas Spanyol, Fernando Torres, menjadi top skorer Kejuaraan Eropa 2012 mengalahkan striker Jerman, Mario Gomez. El Nino unggul dalam hal jumlah waktu bermain terdikit.

Gol Torres pada menit ke-84 saat Spanyol mengalahkan Italia 4-0 di final, Minggu 1 Juli 2012 waktu setempat (Senin dini hari WIB), membuat striker Chelsea itu menorehkan tiga gol. Catatan itu sama dengan Gomez, Alan Dzagoev (Rusia), Mario Mandzukic (Kroasia), Mario Balotelli (Italia) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

Kondisi ini membuat penentuan gelar top skorer harus ditentukan lewat catatan assist. Sebuah umpan Torres kepada Juan Mata yang berbuah gol keempat Spanyol membuat striker berjuluk El Nino itu dalam posisi imbang dengan Gomez, yang juga menciptakan satu assist.

Namun, Torres akhirnya terpilih sebagai top skorer setelah waktu bermainnya lebih sedikit dari Gomez. Mantan striker Liverpool itu hanya bermain 189 menit, sedangkan Gomez 282 menit.

Selain menjadi top skorer Kejuaraan Eropa 2012, Torres juga mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di dua laga final Kejuaraan Eropa.

Penentuan Top Skorer

Fernando Torres 3 gol / 1 assist/ 189 menit
Mario Gomez 3 gol / 1 assist / 282 menit
Alan Dzagoev 3 gol / 253 menit
Mario Mandzukic 3 gol / 270 menit
Mario Balotelli 3 gol / 421 menit
Cristiano Ronaldo 3 gol / 480 menit



viva

1 comments:

  1. postingan yang bagus tentang fernando torres rebut gelar top skorer

    ReplyDelete

 
Top