Kedua sistem teknologi wireless yang digunakan untuk kebutuhan download dan upload data yang kecepatannya melebihi dari sistem sebelumnya, dewasa ini ramai diperbincangkan di masyarakat.



WiMAX dan LTE (Long Term Evolusion/ 4G), ini merupakan perkembangan teknologi yang bagus dimasa depan untuk dunia internet, yang mana kita tidak lagi menggunakan teknologi kabel seperti fiber optic, DSL melainkan memakai teknologi wireless.



Sistem jaringan nirkabel akan jauh lebih murah biayanya dibanding dengan sistem kabel.

menggantikan teknologi kabel (fiber optic, DSL dan cable) yang secara hitung-hitungan duit, akan jauh lebih murah membangun jaringan nirkabel dibandingkan kabel.

Apakah ada sangkut pautnya antara WiMAX dan LTE dengan CDMA dan GSM ?

WiMax adalah teknologi yang hampir sama sistemnya dengan Wi-Fi yaitu dengan sistem protokol 802.16e , tetapi untuk jangkauan WiMax bisa mencapai puluhan kilometer ,kurang lebih sampai 50 km dan lebih cepat sampai 1 GB .

Oleh karena itu WiMax sebenarnya bisa digunakan baik untuk CDMA atau GSM. Sama halnya dengan sebuah ponsel yang punya fitur Wi-Fi yang saat ini ada di ponsel jenis CDMA maupun GSM.

WiMax bisa dikategorikan sebagai 4G karena memang WiMax bisa digunakan baik di GSM atau CDMA walaupun memang WiMax kita lihat lebih banyak digunakan oleh CDMA.

Sedangkan LTE hanya bisa menggunakan sistem jaringan GSM karena memang sedikit ada keterkaitan dengan jaringan GSM yang sudah ada.

Kekurangan WiMax dibanding LTE adalah masalah biaya operasional yang lebih tinggi karena untuk menggunakan teknologi ini, contoh misalnya sebuah operator telpon seluler harus membangun sistim sendiri.

Saat ini mungkin LTE/ 4G lebih menjanjikan karena selain kecepatan yang lebih baik, implementasi 4G juga diperkirakan akan lebih cepat mengingat operator bisa mengadakan 4G lebih murah dari WiMax .

Akan tetapi dari segi penggunaan, WiMax sepertinya akan lebih banyak penggunanya karena WiMAX memakai sistem teknologi seperti Wi-Fi, jadi WiMax bisa digunakan di berbagai alat sama yang ada Wi-Finya.


lteporta
intomobile

2 comments:

  1. salam shabat
    jadi tahu wimax saya penjabarannya simple makasih yach

    ReplyDelete
  2. jadi tambah pengetahuan, makasih mas infonya

    ReplyDelete

 
Top