Sebuah tim peneliti Jepang telah menemukan bahan yang dapat digunakan untuk membuat super-disk dengan harga rendah dan kapasitas penyimpanan data ribuan kali lebih besar dari sebuah DVD.

Menurut Shin-ichi Ohkoshi, profesorkimia di Universitas Tokyo, material ini dibuat dari bahan logam hitam yang dialiri listrik ke dalam semikonduktor,dan berwarna coklat ketika terkena cahaya.

Material ini, merupakan bentuk kristal baru dari oksida titanium, dapat beralih antara logam dan semikonduktor pada suhu ruangan saat terkena cahaya, sehingga menciptakan efektif-off yang ber fungsi untuk penyimpanan data.

Ini adalah "menjanjikan sebagai bahan bagi generasi perangkat penyimpanan optik- di masa depan," kata Ohkoshi AFP melalui telepon.

Timnya telah berhasil menciptakan partikel materi dalam ukuran 5 sampai 20 nanometer (5 milyar sampai 20 milyar meter) dalam diameter.

Jika partikel terkecil digunakan, disk baru bisa menyimpan lebih dari 1.000 kali lebih banyak informasi dari disc Blu-ray,asal media pembaca disc ini juga ikut di kembangkan.

Anda tidak perlu khawatir tentang pengadaan logam langka ini, Titanium Oksida murah dan aman, telah digunakan pada berbagai macam produk mulai dari bedak muka dengan cat putih," kata sang profesor.

Ohkoshi mengatakan hal itu tidak diketahui ketika sebuah disk dengan bahan yang akan diproduksi dan digunakan secara praktis, menambahkan bahwa ia akan memulai pembicaraan dengan sektor-perusahaan swasta untuk komersialisasi.



physorg

0 comments:

Post a comment

 
Top