Rupanya tsunami Jepang tahun lalu tidak hanya menyisakan kapal yang terapung hingga Kanada, namun juga sebuah bola. Si kulit bundar itu ditemukan terdampar di Alaska sejauh lebih dari 5 ribu km dari Jepang.



Uniknya, bola tersebut kini sedang dalam proses pengembalian ke pemiliknya, Misaki Murakami (16).

Bola itu berasal dari Sekolah Osabe di Prefektur Iwate, salah satu wilayah yang tersapu gelombang tsunami. Identitas asal bola itu diketahui dari tulisan yang tertera di sana dan tidak terhapus oleh sapuan air.

Bola itu ditemukan oleh David Baxter, seorang teknisi di stasiun radar Pulau Middleton. Tempat itu terpencil sejauh 112 km dari pulau utama Alaska. Di sana petugas kebersihan pantai mencari puing-puing sisa tsunami Jepang, termasuk peralatan olah raga hingga perahu.

Istri David yang asal Jepang, Yumi, kemudian menerjemahkan tulisan itu untuk melacak keberadaan pemiliknya. Misaki yang tinggal di Rikuzen-takata mengungkapkan kegembiraannya saat dihubungi David. Ia tidak menyangka pria Amerika itu akan repot-repot mencarinya untuk mengembalikan bola hadiah perpisahan saat sekolah tersebut.

"Itu adalah kejutan. Aku tidak pernah menyangka jika bolaku mencapai Alaska," ungkap Misaki. "Aku kehilangan segalanya saat tsunami. Jadi ini benar-benar membuatku bahagia."



wowkeren, inventorspot

0 comments:

Post a Comment

 
Top