Dalam postingan Boku no Blog sebelumnya sudah dibahas tentang Air Seni (Urinal) Sebagai Tenaga Untuk Ponsel, Baterai Dengan Tenaga Dari Urine Atau Air Seni. Kali ini dengan semakin canggih dan berkembangnya teknologi, masih memanfaatkan Urine, bisa sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan robot.


Penelitian ini dikembangkan oleh Bristol Robotic Laboratory (BRL) Inggris, yaitu dengan mengembangkan pompa robotik yang menggunakan bahan bakar urine untuk menjalankan fungsinya.

Robot yang mereka kembangkan dengan memakai sumber tenaga dari urine ini diberi nama “EcoBot”.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa urine yang dikonversi menjadi bahan bakar sumber tenaga “EcoBot” dijamin tanpa risiko kegagalan mekanik dan penyumbatan. Robot tersebut dimungkinkan bisa bekerja tanpa manusia, karena robot dapat mengumpulkan bahan kabar urine secara mandiri dan mengolahnya sehingga memunculkan tenaga listrik.

Menurut ketua peneliti Peter Walters, dari University of The West of England (UWE), yang bekerja sama di laboratorium BRL dengan Bristol University, mereka (para peneliti EcoBot)berspekulasi di masa depan, EcoBot yang berbasis urine ini bisa melakukan tugas pemantauan lingkungan seperti mengukur suhu, kelembapan, dan kualitas udara.

Sumber bahan bakar mudah didapatkan. Jika di perkotaan akan memanfaatkan urine dari toilet umum, dan jika di pedesaan dapat memanfaatkan limbah cair dari peternakan.

Perangkat robotik yang bervolume 24,5 ml ini menjalankan konsep jantung manusia, yakni mengkompres pompa dan memaksa cairan keluar menggunakan otot buatan.


Detak jantung buatan secara mekanik lebih sederhana dari pompa motor elektrik konvensional yang pemompaannya lebih kompleks.

Dengan melewatkan arus listrik melalui otot buatan, mengakibatkan otot memanas dan mengkompres bagian lembut di tengah pompa. Kondisi ini kemudian bisa mengeluarkan cairan melalui outlet dan memompa secara optimal guna mengirimkannya ke sel bahan bakar EcoBot.

Peneliti mengatakan tumpukan 24 sel bahan bakar mikroba yang diberi urine bisa memasok pompa melalui sebuah kapasitor.

Dari penelitian ini, kemungkinan di masa mendatang kita akan jumpai robot-robot atau mesin-mesin ramah lingkungan yang dibuat dengan bertenaga pada limbah yang dihasilkan oleh manusia.


inventorspot

51 comments:

  1. dari air seni wah semakin maju saja teknologi robotic saat ini, kabar saya baik mas lulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. air seni? Pasti indah banget airnya dengan seni yang artistik gitu ya airnya

      Delete
    2. air seni air yang bisa joget - joget mas hehe

      Delete
    3. seni tari, seni lukis, seni rupa, pokoknya seni..:)

      Delete
    4. #munir ardi_ Iya pak Munir, semakin banyak robot yang dibuat dengan teknologi yang semakin canggih

      for all_T.A.K

      Delete
    5. wah mang Yono ada-ada saja ,airseni bisa joget,itu bukan joget Mang ,,itu goyang itik hihi

      Delete
  2. wah ternyata urine bisa bermanfaat juga yah untuk energi, semoga saja di tahun-tahun mendatang bisa ditemukan energi untuk yang lainnya misalnya untuk kendaraan yah mas Boku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Anthonie Eka_ Betul Mas Anthonie, sehingga kita bisa ngirit BBM yang semakin naik dan habis nantinya..

      T.A.K

      Delete
    2. pasti nanatinya air seni akan mahal harganya,beruntung yang punya anak kecil yang masih suka ngompol,bisa dimanfaatkan tuh

      Delete
  3. ada2 aja ya mas teknologi jaman sekarang, tenaga robot bisa dibuat dari air kencing, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu kemajuan tehnologi mbak, apa yang tidak mungkin menjadi mungkin :)

      Delete
    2. yang ga mingkin air kencing robot yang jadi bahan bakarnya kali ya

      Delete
    3. Kalau robot bisa kencing, wah bisa2 buka usaha WC umum yang nunggu juga robot..:)

      Delete
    4. #Indri Lidiawati_Iya Mbak, mungkin ini alternatif untuk penghematan sumber energi di bumi ini

      for all_T.A.K

      Delete
  4. kalau memanfaatkan urine di toilet umun, apa nggak bahaya bagi para peneliti dan orang2 yang memanaatkan robot itu ya Pak Boku? kan kita nggak tahu, apakah orang yang memakai toilet itu sehat semua, kan ada tuh penyakit2 yang ditularkan oleh urine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lebih bahaya lagi urine yang mengandung jengkol... makin pesing baunya ... hehehe

      Delete
    2. petai juga, karena saudaranya jengkol mang..:)

      Delete
    3. #khusna khairunnisa_ Iya mbak KK, memang urine riskan dengan penularan penyakit, namun mereka para peneliti juga sudah memikirkannya supaya dalam mendapatkan urine tersebut tidak tertular penyakit..:)

      for all_T.A.K

      Delete
    4. konon kabarnya urin yang mengandung petai adalah urin terbaik

      Delete
  5. keren om...
    semakin banyak mesin pake bbp nih sekarang...

    *bahan bakar pesing... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kedepannya air pesingbisa dijadikan bahan pengawet makanan mas hehehe

      Delete
    2. semoga kalau dijadikan bahan pengawet bau pesingnya hilang ya Mang..:)

      Delete
    3. #Rawins_ Iya Mas Rawins, soalnya bbm semakin mahal saja, mending cari alternatif dengan bbp ..:)

      for all_T.A.K

      Delete
  6. Semoga teknologi ecobot robot ini dapat menjadi peluang di masa depan, namun kayanya agak susah juga kang untuk menampung air seni, bisa-bisa ada yang jual nanti. he,,, he,, he,,,,

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Indra Kusuma Sejati_Hehehehe...mungkin juga ya Mas, dan nantinya gantian air seni lebih mahal dari bensin..:)

      T.A.K

      Delete
  7. yeyeyw kerren.. ga ada lagi nanti orang kencing sembarangan. Air kencing aza bisa berharga nantinya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mus Djono_ Iya berharga bahkan lebih berharga dari bensin..:)

      T.A.K

      Delete
  8. xixixi makin banyak terobosan terbaru ya kang :D keren2

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Wahyu Dwi_ betul Mas Wahyu..

      T.A.K

      Delete
  9. Makin maju saja dunia teknologi ya gan..

    ReplyDelete
  10. kalau bahan bakarnya tumpah apa gak pesing ya mas?
    nah kalau gas buangya bau wangi apa bau pesing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Agus Setya_ hehehehe...bisa aja mas agus nih.., ya kalau masih murni ya pesing tho mas..:)

      T.A.K

      Delete
  11. benar2 unik, napa harus air seni ya.., kan air biasa jg bs.., unik! *smile

    makasih infox pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Rohis Facebook_ mungkin ini alternatif saja sobat, kalau nanti semua sudah gak ada :)

      Delete
  12. Semakin bertambah maju saja teknologi robot.
    Trims informasinya, salam kenal dari kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Situs Jasa Penerjemah_ Iya sobat sama-sama. salam kenal juga

      T.A.K

      Delete
  13. wah semakin maju saja teknologi robotic dari air seni bisa segitunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #mangyono_ Betul sekali Mang.., nanti bisa-bisa nggantiin bensin ya Mang..

      T.A.K

      Delete
  14. wah, keren bgt ya.. air seni aja bisa digunakan oleh robot, salut utk para pembuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Penghuni 60_ betul sekali sobat, salut buat ide mereka..

      T.A.K

      Delete
  15. wah jangan2 baunya pesing ya...

    ReplyDelete
  16. Canggih sih, tapi bau...

    ReplyDelete
  17. andai dapat diterapkan pada kendaraan bermotor. pasti nggak ada kendaraan yang mogok akibat kehabisan bahan bakar :d

    ReplyDelete

 
Top