Google memang memiliki sejumlah layanan yang sangat populer seperti Gmail. Tapi di balik kesuksesannya, Google juga pernah menutup beberapa layanannya yang dianggap tak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kali ini giliran Google Friend Connect dan Knol yang bakal ditutup. Diungkap blog Google, Penutupan Google Friend Connect akan dilakukan pada 1 Maret 2012, dan berlaku untuk situs non-blogger.

Bagaimana dengan saya yang sudah menggunakan layanan Google Friend Connect?

Google menyarankan untuk menggunakan Google+ sebagai gantinya. Knol yang berupa layanan informasi mirip dengan Wikipedia juga akan ditutup mulai dari 1 Mei – 1 Oktober 2012. Meski sudah ditutup nantinya pengguna masih bisa mendownload artikel sampai layanan ini benar-benar ditutup.

Untuk menggantikan Knol, Google sudah menyiapkan Annotum, layanan penerbitan baru.

Selain Google Friend Connect dan Knol, Google juga sudah menutup Bookmarks Lists pada 19 Desember 2011 kemarin. Bookmark Lists adalah layanan untk berbagi-pakai bookmark situs. Search Timeline, Google Wave dan Google Gears juga tak luput dari pemangkasan Google kali ini.

Google memang begitu ambisius dan tegas dalam mencapai tujuannya. Karena itu meski 5 layanan yang ditutup adalah milik Google sendiri, Google tak segan-segan untuk menutupnya.


gugling

1 comments:

 
Top