suasana belanja dipasar


Punggahan, Munggahan, Unggahan, berasal dari bahasa Jawa " munggah " yang artinya naik, bisa diartikan kita naik ke bulan penuh berkah " Ramadhan " agar kita lebih meningkatkan ibadah kita dan kualitas ibadah kita dibulan suci Ramadhan.

Begitu yang Boku dapatkan pengertian dari kedua orang tua Boku waktu Boku kecil dulu.

Mungkin bagi sobat-sobat, para pembaca semua yang berasal dari Jawa, atau tidak dari Jawa sekalipun sudah tahu tentang tradisi Punggahan, atau bahkan pernah mengikuti tradisi punggahan ini.

Punggahan seperti ini, yaitu tradisi satu hari sebelum Ramadhan, dulu waktu Boku kecil adalah hari yang sibuk sekali.
Tidak hanya dikeluarga Boku, semua tentangga juga sibuk persiapan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Ibu sibuk membuat masakan di dapur, sedangkan Bapak sibuk membuat" encek " (pelepah daun pisang yang dirangkai menjadi bentuk segi empat, dan ditusuk dengan bambu sebagai pengganti nampan).

"Encek" ini nantinya dibuat sebagai tempat untuk membawa "Takir" atau nasi beserta lauk pauknya yang ditempatkan di daun pisang, yang akan dibawa di Mushola.

Ada juga yang memperingati punggahan ini, jika punya lebih rezeki mengadakan selamatan dirumahnya. Namun ada juga, seperti keluarga Boku membuat hidangan kecil-kecilan, lalu dibawa ke Mushola atau Masjid.

Setelah Ashar semua pekerjaan selesai, kemudian Boku diajak bapak dan Ibu ke pemakaman untuk ziarah (nyadran) kubur, untuk mendoakan para leluhur yang telah tiada, dan sebagai pengingat bahwasannya kita nanti semua pasti meninggal.

Hari masih terang, sepulang dari ziarah banyak dijumpai para tetangga sibuk membawa rantang untuk disampaikan pada saudara, atau tetangga dekat.
Boku pun juga demikian, meskipun hanya membuat hidangan kecil-kecilan Boku disuruh Ibu menyampaikan ke saudara-saudara semua yang rumahnya berdekatan.

Adzan Maghrib berkumandang, tak tahan Boku ingin segera berangkat ke Mushola untuk membawa "Takir" tersebut. Dan saat itu Bapak juga menemui tamu, nampaknya tetangga datang untuk mengundang "Kenduri" dirumahnya.

Boku dengan semangat 45 pergi membawa "Encek" yang isinya "Takir" pergi ke Mushola. Sedangkan Bapak Boku pergi ke tetangga yang mengadakan "Kenduri".

Setelah semua terkumpul di Mushola, duduk membuat lingkaran sambil mendengarkan sedikit ceramah dari Takmir Mushola, dan pengumuman pelaksanaan mulai puasa, lalu semua berdoa dan membuka "Takir" itu.

Yach.., itu dulu saat Boku masih kecil, sekarang Boku tidak bisa ikutan lagi acara seperti itu, begitu pula dengan anak Boku. Karena sekarang semua serba praktis, bahkan untuk berkumpul dengan tetangga saja agak sulit karena semua punya kesibukan masing-masing.

Namun aku masih bersyukur, rumah tinggalku sekarang yang dekat Mushola, kadang masih mengadakan acara seperti ini meskipun versinya agak berbeda dengan Boku kecil. Anak Bokupun juga nampaknya senang kalau pas bisa kumpul dengan teman-temannya, buka bersama, tarawih bersama, ngaji bersama.

Boku rindu suasana di kampung halaman dulu, saat acara "Munggahan" seperti ini...



"Marhaban Ya Ramadhan.."

Boku sekeluarga mohon maaf Lahir dan Bathin kepada semua sobat Boku, dan para pembaca semua yang baik dan budiman.



image: Hootoh


" Selamat Menjalankan Ibadah Bulan Suci Ramadhan 1434 H "

113 comments:

  1. Saya mohon maaf jika ada salah-salah kata atau tindakan saya dalam berkomentar di blog ini mas Boku, semoga puasa kita nanti lancar dan mendapatkan barokah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mohon maaf baik sengaja maupun tidak mas, mungkin dalam komentar kadang ada yang kurang berkenan dihati :) selamat menunaikan ibadah puasa

      Delete
    2. Sama-sama, saya juga mohon maaf Lahir dan Bathin..

      Delete
    3. @Bayu S_Amiin,..Mohon Maaf Lahir dan Batin mas Bayu, for All_ T.A.K

      Delete
    4. sama-sama
      aku juga banyak salah kata
      mohon maaf ya

      selamat berpuasa !

      Delete
    5. Selamat berpuasa juga Mbak Anisa, maaf lahir dan bathin.

      T.A.K

      Delete
  2. di tempat saya gak ada tradisi munggahan, tapi kayaknya asyik kalau dideskripsikan boku kecil begitu antusias .. he he
    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya mas boku (entah mulai selasa atau Rabu), semoga ibadah kita diterima Allah SWT dan mendapatkan barokah dan ampunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, mas is yang tinggal satu kecamatan dengan saya juga nggak ngerti punggahan...tos mas is

      Delete
    2. Oo, Boku kira seluruh babad tanah jawa tau tradisi Munggahan...

      Delete
    3. @Mohammad Isnaeni_Iya Mas Is, saya juga mohon maaf Lahir dan Bathin ya Mas, for All_ T.A.K

      Delete
    4. aku mah munggahannya tiap cuti doang :D

      Delete
    5. Tapi masih bisa Munggah kang mas Rawins? hehehe.., T.A.K

      Delete
    6. munggahnya masih kuat
      cuman turunnya suka lemes
      ahaha

      Delete
  3. selamat menjalankan ibadah puasa ya boku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbak Iis_ sama-sama Mbak Iis..

      T.A.K

      Delete
  4. selamat menunaikan ibadah puasa dengan genap ..jangan bolong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipatri kalau bolong

      Delete
    2. Disumpeli gombal..:)

      Delete
    3. @Valentino Febrian.blogspot.com_Iya Mas, semoga ibadah puasanya lancar dan tidak bolong-bolong.., for All_ T.A.K

      Delete
    4. Yaa..Robbal Alamiin..

      Delete
  5. seneng juga ya mas, sebenarnya mas boku dari jawa yah? oh ya saya mengucapkan selamat menyambut bulan ramadhan, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azie Thea_Iya kang Azie.. saya dari Jawa Timur Kang, sama-sama saya ucapkan selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1434 H.

      Delete
  6. wah seru juga ya mas, apalagi kalau sama keluarga, emangnya mas boku asalnya dari jawa yah? selamat menyambut ramadhan saja , mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azie Thea_ Iya Kang seru banget,..
      Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H Kang..

      Delete
  7. Alhamdulillah, besok saya sudah puasa mas .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nazar_ Semoga puasanya lancar Mas..

      T.A.K

      Delete
    2. Yaa..Robbal Alamiin..

      Delete
  8. disini juga ada budaya munggahan, saling mengunjungi sanak keluarga sambil bawa rantang berisi makanan, dan kitapun wajib mengisi rantang tersebut dengan makanan yang sama, saya juga biasanya dapet dari mertua...isinya malah lebih bagus...maklum karena mertua yang ngirim, saya harus jaim dong....hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu thea_ Iya kang menantu nya jaga image Kang, harus lebih bagus ya...hehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  9. Heheh, aq wong jowo tapi kok baru tahu ya mas munggahan ini. katrok ah saya..hihi jadi malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama lho mas, saya asli jogja, dari bayi hingga dewasa di jogja, baru 4 tahun di Sumatra...tahu punggahan malah 2 tahun terakhir di Riau. Tos bagi para katrokers

      Delete
    2. Syukurlah kalau sekarang semua bisa tahu..

      Delete
    3. @yanuar catur_ heheehe..mungkin Mas Catur jowone Jowo nang Kutho mas hehehe.., for All_ T.A.K

      Delete
    4. yang ga familiar dengan tradisi munggahan berarti orang kota haha

      Delete
    5. hahaha...bisa saja mas Rawins..:)

      Delete
    6. tinggal disurvai saja
      kebanyakan yang melakukan itu adalah daerah pedesaan...

      Delete
  10. selamat menunaikan ibadah,mas boku mudah-mudahan gak bolong puasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menyambut ramadhan...kalau bolong ya ditambal Pak, pakai lem atau pakai ketan...hehehe

      Delete
    2. pakai jadah atau gemblong..manteb..

      Delete
    3. @Suratno Kenthus_ Amiin..semoga lancar ya kang.., for ALl_ T.A.K

      Delete
  11. punggahan, sebagian warga komplek kami yang masih berdarah jawa sudah melakukannya beberapa waktu lalu. tapi saya ndak ikut meramaikannya, karena tidak dapat undangan acara dan nggak tau kalau acaranya dilakukan jauh sebelum H-1 Ramadhan.
    Saya asli Jogja, tapi malah nggak ngerti sama sekali tentang punggahan ini karena di desa saya nggak ada. saya taunya setelah tinggal di Riau ini, tinggal di perumahan karyawan yang multi suku, bahkan india china, eropa, canada dll. setiap ada acara tertentu yang berhubungan dengan adat derah masing-masing diramaikan, dan hasilnya...saya jadi ngerti acara khas mereka, termasuk punggahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khusna khairunnisa_ Wuih komplit dan International sekali Mbak Khusna warganya..,

      Delete
    2. iya dong...kang boku ni ketinggalan banget seh

      Delete
    3. Iya kang Cil, ketinggalan sepur...

      Delete
  12. punggahan memang macam macam ritualnya
    ada yang ke makam, ada yang mandi di kali dan ada pula yang sibuk berwisata seperti di pesisir selatan jawa barat

    namun apapun itu, semoga tidak membuat kita sibuk dengan tata cara beragama namun melupakan tatacara bertuhan...

    *urusan ibadah kok do gontok-gontokan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins_ Iya Mas Rawins, kita harus tetap membina ukhuwah Islamiyah, kerukunan dan persatuan..
      T.A.K

      Delete
    2. ga berani komen kalo udah ada lik zach nongol...
      isin...

      Delete
    3. Hahahaa..., ngeyel karo Kang Zach, bengep to sampeyan Mas?..:)

      Delete
    4. repotlah...
      kalo orang sunda bilang beliau kan alim ulama
      sedangkan aku alim ka masjid...

      Delete
  13. Selamat menunaikan ibdah puasa mas..mohon maaf lahir bathin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia_ Iya sobat, sama-sama..

      Delete
  14. wah dimana-mana tradisi sama ya mas, ada munggahan juga, semoga drajatnya pada munggah semua mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy_ Amiin ..semoga saja ya kang El

      T.A.K

      Delete
    2. Yaa Robbal Alamiin...

      Delete
  15. selamat mununaikan ibadah puasa ya...!! saya doa'i supaya puasanya penuh deh semua sobat BlogWallking/Blogger indonesia

    From Febri Koplo

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Febri Koplo_ Iya Mas Febri.., sama-sama.

      T.A.K

      Delete
  16. Dalam bahasa sunda juga disebut munggah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lidya - Mama Cal-Vin_ sama berarti Mam, hehehe..

      T.A.K

      Delete
  17. salam,

    *** Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ***

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC Sampit_ Salam, sama-sama sobat..

      Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H.

      T.A.K

      Delete
  18. kupat kuwi ngaku lepat yo mas...sepurone aku nek salah ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podo-podo Mas, wong tuwo akeh salahe, sing nom ngapuro yo Mas..

      Delete
    2. @Agus Setya_ Iya Mas, aku yo ngaku lepat, nek aku salah yo Mas..
      kang zach, ngapurone sing akeh yo Kang..

      T.A.K

      Delete
    3. sami-sami nyuwon kopat
      eh salah lepat

      selamat
      semoga puasa dapat
      pahala berlimpah kali lipat

      Delete
    4. nek lepet kuwi si silep kan mlepet, salahe sopo wae ra ilok di sebarno, disimpen sing apik ya mas boku,
      nek kabeh nganggo filsafate wong jowo iki, infotainment ra payu

      Delete
    5. @anisayu_ Amiin...
      @ Agus Setya_ Iya mas, banyak filosofinya ya Mas..

      for All_T.A.K

      Delete
  19. asyiik ramadhan menjelang
    saya sekeluarga mengucapkan selamat Ramadhan. semoga ramadhan kali ini adalah Ramadhan yang sukses. Maaf lahir batin, semoga kita bersih dari dosa setelah ramadhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ramadhan telah datang
      yuk sambut dg senang
      agar kita menang
      berperang
      dg nafsu diri yang menantang
      dan dapat beribadah dg tenang

      selamat berpuasa !

      Delete
    2. Wah kalau suruh nyusun kata2 ngomeni mbak anisayu langsung gembrobyos..:)

      Delete
    3. @zachflazz_ Betul sekali Kag, semoga Ramadhan kali ini betul2 kita munggah levelnya..
      for All_ T.A.K

      Delete
  20. marhaban ya ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @obat kanker perut_ sama-sama sobat, terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  21. di daerah saya tinggal sekarnag begitu juga lho mas, karena memang banyak orang jawa jadi acara punggahan itu dilaksanakan, baru kemarin malam saya ikut berpartisipasi,

    sedangkan di aceh acara ini disebut meugang, mirip2 lah dalam rangka menyambut bulan ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sabda awal_ Iya intinya sama-sama kita dalam mempersiapkan memasuki bulan suci Ramadhan, agar kualitas ibadah kita semakin membaik..

      T.A.K

      Delete
  22. Marhabban Ya Ramadhan
    mohon maaf jika ada salah salah.
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Spectrevers_ Sama-sama sobat,

      Terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  23. Selamat Menunaikan ibadah puasa mas semoga amal Ibadah kita berlipat ganda pahalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munir Ardiku_ Amiin.., sama-sama Pak..

      T.A.K

      Delete
  24. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Topik_sama-sama sobat..

      T.A.K

      Delete
  25. marhaban ya ramadhan ya gan :) mohon maaf lahir dan batin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandar Sunandar_ sama-sama Mas nandar...

      T.A.K

      Delete
  26. di tempat saya punggahannya tadi mas.. hehehe

    selamat berpuasa dan mohon maaf lahir dan batin ya mas boku.. siapa taua ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati mas boku. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ Iya Mas sama-sama Mas, Boku juga mohon maaf Lahir dan Bathin Mas..

      T.A.K

      Delete
  27. di tempat saya punggahannya tadi mas.. hehehe

    selamat berpuasa dan mohon maaf lahir dan batin ya mas boku.. siapa taua ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati mas boku. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ Sama-sama mas..

      T.A.K

      Delete
  28. di tempat saya punggahannya tadi mas.. hehehe

    selamat berpuasa dan mohon maaf lahir dan batin ya mas boku.. siapa taua ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati mas boku. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ Sama-sama mas..

      T.A.K

      Delete
  29. semoga kita bisa menjalani bulan ramadhan dengan ikhlas dan bisa berpuasa penuh sampai akhir bulan..

    saya mohon maav mas kalau ada salah2 kata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu basofii_Amiin,.. Iya Mas Wahyu, sama-sama..

      T.A.K

      Delete
  30. hadir gan untuk silaturahmi serta mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa

    moga ibadah kita di terima Allah SWT

    amiennn.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yogi Vipre_ Iya mas Yogie, Amiien Yaa Robbal Alamin..

      T.A.K

      Delete
  31. munggahan
    bulan ramadhan
    sungguh mengundang iman
    semakin indah dan nyaman
    dari hari pertama hingga kemenangan

    selamat ramadhan
    maaf lahir batin juga kuucapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anisayu_ Boku juga mengucapkan Mohon Maaf lahir Dan Bathin dan Selamat menunaikan ibadah puasa Bulan suci Ramadhan 1434 H.

      Delete
  32. Ada beberapa istilah yang ada di daerah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini. Kalau di tempat kami itu namanya megengan. Dari kata megeng atau menahan. Menahan dari tidak makan, minum, dan sebagainya dari mulai waktu subuh sampai maghrib tiba. Kemudian nyekar atau ziarah kubur kepada para leluhur yang telah mendahului kita. Tradisi budaya seperti ini masih cukup kuat mengakar di daerah kami. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1434 H.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herdoni Wahyono_ Iya pak Herdoni, macam-macam istilahnya, dan itu semua intinya adalah persiapan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, agar kita lebih siap dan lebih meningkatkan kualitas ibadah kita.

      T.A.K

      Delete
  33. munggahan
    bulan ramadhan
    sungguh mengundang iman
    semakin indah dan nyaman
    dari hari pertama hingga kemenangan

    selamat ramadhan
    maaf lahir batin juga kuucapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nganjuk_ Sama-sama, Boku juga mengucapkan selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H

      T.A.K

      Delete
  34. Marhaban Ya Ramadhan
    Selamat Menjalankan Ibadah Bulan Suci Ramadhan 1434 H ..
    Mohon Maaf Lahir Batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahmad rizal samsi_sama-sama Mas Rizal, Mohon Maaf Lahir Batin..

      Terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  35. marhaban ya ramadhan, semoga dibulan penuh berkah ini kita menjadi lebih berkah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @software freeware_ Amiin.., terima kasih sobatku..

      T.A.K

      Delete
  36. selamat menunaikan ibadah puasa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tips aneh_ Sama-sama sobat, terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  37. jangan lupa kalau hari raya anjang sana anjang sini, naik bison mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ Iya mas siap.., saya mau naik Bison yang ada gambar wayangnya di belakangnya, dari aloha ya Mas..naiknya..??

      Delete
  38. Hmmm, seperti selamatan menjelang ramadhan gitu ya Mas? ^^
    ditempat saya juga ada yg seperti itu, cuma yg dibawa makanan macem2 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Alfiansyah_ Iya Mas Wahyu, persiapan sekalian syukuran dalam menyambut bulan suci Ramadhan Mas..

      T.A.K

      Delete

 
Top