|Boku no Blog share Tips|.

image:google

Bagaimana kabarnya sobat-sobat Boku semuanya..?, bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa di Bulan suci Ramadhan ini, semoga puasanya masih lancar, dalam keadaan sehat dan terus meningkatkan kualitas ibadah kita. Tetap semangat..!!

Puasa bukanlah sebagai penghalang bagi kita untuk tetap menjalankan rutinitas kita seperti biasanya, bekerja, sekolah, Ngeblog, dan lain-lain.

Namun, meskipun sebagai seorang muslim puasa merupakan suatu kewajiban, akan tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa pada saat kita berpuasa, siang harinya bahkan malam pun badan terasa letih dan seringnya menjadi " Ngantukan ".

Berikut ini adalah tips agar kita tidak merasa " Ngantukan " dari dr. Ade seperti dilansir dalam detik.health, saat menjalankan ibadah puasa di bulan penuh berkah ini.

1. Geser jam tidur di malam hari


"Usahakan untuk tidak begadang saat bulan puasa, kalau bisa segera tidur setelah salat tarawih. Misalnya jam 9 selesai, usahakan langsung tidur. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengurangi jam tidur," papar dr Ade.

Jika sebelum bulan puasa Anda memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan sepulang kantor hingga malam hari, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar jam tidur Anda tetap tercukupi untuk beraktivitas keesokan harinya.

2. Tidur setelah sahur

"Sempatkan untuk tidur walaupun hanya sebentar saat setelah sahur. Mengapa demikian? Sebab, ini juga penting untuk mencegah tubuh menjadi ngantuk saat akan berkendara menuju tempat kerja," tutur dr Ade.

Menurutnya, rasa mengantuk juga menjadi penyebab meningkatnya angka kecelakaan saat berkendara. Sehingga ada baiknya untuk menyempatkan tidur setelah makan sahur.

3. Tidur siang

Jika Anda bekerja, sempatkan juga untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat, misalnya setelah salat Zuhur. Meskipun terlihat beberapa menit tidak berpengaruh, nyatanya menurut dr Ade menyempatkan tidur selama lebih kurang 20 menit justru memberi pengaruh yang luar biasa terhadap tubuh.


Semoga tips diatas bisa bermanfaat, dan kita tidak " Ngantukan " dalam menjalankan ibadah puasa kita.

Sekian dulu " Boku " mau sholat tarawih dulu...

Salam..

72 comments:

  1. Mohon Maaf bagi sobat-sobat Boku yang telah berkomentar di " Boku no Blog " yang belum sempat dibalas atau dikunjungi balik, karena padatnya aktivitas di Bulan suci ramadhan ini...

    Tetap Semangat dan Happy Blogging..!!

    ReplyDelete
  2. sangat setuju bang, biar gak ngantuk saat berpuasa ya perbanyak tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas-andes_ Selain tidur juga perbanyak ibadah ya mas ..

      T.A.K

      Delete
  3. makasih gan buat infonya :) jangan lupa mampir ya ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandar Sunandar_sama-sama mas Nandar, iya pasti saya mampir mas, akhir2 ini sibuk banget mas , hehehehe....:)

      T.A.K

      Delete
  4. saya datang Mas....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa oleh2 apa mas KS

      Delete
    2. Selamat datang....

      Delete
    3. @Kstiawan®_ Silakan masuk bli KS..:)

      for all: T.A.K

      Delete
  5. kalo kerjaannya kaya aku, gimana caranya ngegeser tidur..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur di tower nggak konangan Kang

      Delete
    2. diatasnya tower malah isis..

      Delete
    3. @Rawins_kerjaanya gimana Mas Rawins..?

      for all:T.A.K

      Delete
    4. ga punya jam kerja. pokoknya stenbei 27 jam sehari haha...

      Delete
  6. Ala bisa karena biasa, meski jam tidur kurang dan menjadi biasa, insya Allah akan selalu segar tanpa ngantuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Etika Maria_Alhamdulillah...

      T.A.K

      Delete
  7. Nomor 2 mungkin lebih tepat kalau tidur setelah subuh mas boku, sayang kalau gak subuhan .. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mohammad Isnaeni_Iya Mas Is, kalau pas sholat shubuh ya harus bangun Mas, soalnya saya berangkat kerjanya juga habis subuh, takut keduluan ayam mas,hehehe:)

      T.A.K

      Delete
  8. kalo saya tidur di kereta sambil berdiri, Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan sekali nasib mu pak....;o)

      Delete
    2. bagi tipsnya ddong, saya kok susah ya pasti jatuh

      Delete
    3. ndeple.., awas kejedot pintu..

      Delete
    4. @zachflazz_ wah aku banget Kang...:)

      for all: T.A.K

      Delete
    5. maksudnya kalo beliau tidur, suka ada yang berdiri gitu...

      Delete
  9. kalau saya tidur siang....ubi cilembu saya bisa pada gosong atuh kang...kalau tidur setelah sahur biasanya sholat subuhku bablas blas....aduh gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai alarm kang

      Delete
    2. atau speaker mushola di sambung kerumah..:)

      Delete
    3. @Cilembu thea_ pertama memang belum terbiasa, kalau sudah terbiasa akan bangun dengan sendirinya Kang Cil..:)

      forall: T.A.K

      Delete
  10. sip dech mas boku.. tapi dari semua tips di atas. cuma no 2 yang bisa saya laksanakan..

    tdr setelah sahur. dan akibatnya sholat subuh saya sering ketinggalan..
    kalau di suruh tdr cepat. abis tarawih langsung tidur.. nggak bisa mas.. matanya nggak mau merem hehehe.

    kalai siang.. 100% saya tidak tidur. karena saya punya toko mas.. kalau saya tidur bisa di gasak orang dagangan saya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ perlu latihan Mas..hehehehe:)

      T.A.K

      Delete
  11. saya kalau Ramadhan malah kebanyakan tidur mas cuma nggak tidur setelah sahur tidurnya siang-siang setelah shalat duhur

    ReplyDelete
    Replies
    1. @munir ardi_ Iya Pak, habis duhur tidur,itujuga akanngurangi ngantuk Pak

      T.A.K

      Delete
  12. Wah jadi ga ada jadwal ngeblog dong ya mas boku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wewengkon sumedang_ Iyasih Kang WS, saya juga gitu Kang..:)

      T.A.K

      Delete
  13. kalo satu dan dua, boleh lah. tapi kalo nomer dua ini berbeda dg pendapat syafarmapalang di blognya. dia ngebahas ttg bahaya tidur setelah sahur. "Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke." kalo tidur, ngantuk seh kagak, tapi kena stroke bisa jadi iya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rusydi Hikmawan_ Waduh, ini malah ada tambahan pengetahuan Pak, makasih infonya Pak..

      T.A.K

      Delete
  14. Walah, saya malah ingin tidur-tiduran om
    #Ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yanuar catur_ tapi jangan lupa bangun tuk sholat dan buka ya Mas Yanuar..:)

      T.A.K

      Delete
  15. Saya malah gk bisa tidur mas :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu_ kebanyakan ngopi ya Mas?, hehehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  16. kalau setelah subuh ttus tidur, biasanya saya bangun kesiangan je Pak Boku, trus bangu-bangun badan jadi lungkrah lesu. jadi saya dan suami menghindari tidur setelah subuh. biasanya tidur di geser siang. walaupun cuma 15 menit, jadilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khusna khairunnisa_ Iya mbak Khusna, yang penting bisa refresh Mbak..

      T.A.K

      Delete
  17. tips kedua dan ktiga
    itu lah yang aku sanggup
    jadi ga ngantuk dijam kerja
    dan semangat tetap hidup

    hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pantun Cinta_ Bikin hidup jadi lebih hidup, hehehehe...:)

      T.A.K

      Delete
  18. wah itu saya banget pak, selalu menyempatkan untuk tidur, biar dikantor tdk ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbak Iis_ Betul Mbak Iis, saya juga begitu..:)

      T.A.K

      Delete
  19. iya lebih baik jam tidur tetap di malam hari aja, kalo semalaman dipakai ngeblog terus tidur seharian malah merusak mood.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @obat ambeien herbal_ Iya seperti saya,hehehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  20. Kl saya, mas tdk bkl bs tdr dlm kondisi perut lapar... jd drpd tersiksa, mending ngeblog aja kl jam istirahat, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pri Enamsatutujuh_Kalau saya mesti tidur Mas,kalau nggak tidur mumet Mas,..:)

      T.A.K

      Delete
  21. org skrg kebanyakan tidur saat puasa pak :),

    makasih infox, mf baru sempat mampir soalx lg ramadhan, bawaanx malas mulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook_ Sama sobat, bukan malas, tapi memang padat jadwal ibadah dan kerja sobat,hehehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  22. hehehe yang nomer 3 manjur pak, kadang setelah sholat dzuhur saya tidur bentra di masjid 10 -15 menit tan , tapi jangan sampe keblablasan :D hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @siapasihh_ kalau kebablasan bakal kena strap ya sob,hehehee:)

      T.A.K

      Delete
  23. kalau saya sih ngantuk mas , ya tak tidurkan lha wong ngantuk je

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ Setuju banget mas Agus, daripada nanti klangopan terus...:)

      T.A.K

      Delete
  24. setuju, kalo ngantuk ya harus tidur ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @software freeware_ Setujuuuu...

      T.A.K

      Delete
  25. kalo tidur siang itu udah jadi kegiatan wajib saya sob ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tips aneh_ Sama dengan saya sobat,..:)

      T.A.K

      Delete
  26. Replies
    1. @Etika Maria_ Sudah bangun dan buka inih, hehehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  27. tidur setelah sahur bikin perut pegeh dan terasa kembung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi_ Iya Kang, bikin kebablasan juga nggak solat shubuh..:)

      T.A.K

      Delete
  28. Mas, jane TAK singkatan apa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ Knag Zach, T.A.K = Terima kasih Atas Kunjungannya, alias Matur Nuwun Rawuhipun ngoten lho Kang..:)

      Delete
  29. gambarnya ngantuk hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herman Bagus_ yang posting juga ngantuk mas, heheheh..:)

      T.A.K

      Delete
  30. anak spa kak? lucu ,,,,

    tidur siang mesti pusing kepala,,,,
    met puasa,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KayLa_ lucu ya dik MaYa, kalau seperti Boku nggak tidur siang malah ngantuk..:)

      T.A.K

      Delete
  31. Benar nih apa yang ditulis mas boku hehehe asal jangan minum kopi aja ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @SHUDAI AJLANI (dot) COM_ Iya sobat, ngopinya setelah buka puaasa saja ya..:)

      T.A.K

      Delete

 
Top