|Boku no Blog : share news dan sains|

Semut perusak

" Ada Gula Ada Semut ", mungkin pepatah ini tidak asing lagi bagi kita semua, memang dalam kenyataanya dimana ada gula, pasti semut akan banyak disitu, apalagi gulanya tidak ditutup.
Tapi bagaimana dengan semut yang bisa merusak barang elektronik ini..?

Seperti yang tertera dalam " Viva News ", (Awas, Semut Ini Bisa Rusak Peralatan Elektronik)

Pembasmi serangga asal Amerika Serikat, Mike Matthews, kewalahan menerima panggilan perbaikan peralatan air conditioning (AC) milik para warga. Pasalnya, kerumunan "semut gila" telah menyerang peralatan elektronik.

Dengan mata kepalanya sendiri, Matthews melihat semut-semut itu menyerang puluhan AC di wilayah Austin, Texas, AS. Semut akan berkerumun dan merusak sirkuit switch AC, sehingga membuat AC tidak dapat dinyalakan.

"Bila Anda membuka alat-alat elektronik dan menemukan kerumunan semut. Itu adalah semut gila yang saya maksud," kata Matthews, dilansir NBC News, Jumat 28 Juni 2013.

Semut-semut gila itu adalah makhluk invasif, atau spesies yang datang dari tempat lain, pertama kali datang ke Amerika Serikat pada tahun 2002. Makhluk mungil itu telah menjadi ancaman selama beberapa tahun terakhir, dan tersebar di Texas dan Florida.

Menurut Edward LeBrun, peneliti di University of Texas, As, banyak peneliti yang bingung, mengapa semut itu sangat tertarik bersarang di dalam barang-barang elektronik, seperti pendingin udara, peralatan pertanian, dan pompa air.

"Salah satu alasan semut itu tidak bersarang di dalam lubang-lubang tanah adalah karena ukurannya yang hanya seperdelapan inci, sehingga dapat dengan mudah masuk keperangkat ponsel, komputer dan lainnya," kata LeBrun.

LeBrun menambahkan, ketika semut itu masuk ke dalam peralatan elektronik dan menyentuh sirkuit-sirkuit listrik, maka semut itu akan tersetrum.

"Saat semut tersetrum, mereka akan mengeluarkan feromon, atau aroma yang dikeluarkan semut yang digunakan untuk memberitahukan kalau semut sedang diserang. Akibatnya banyak kerabat semut yang datang membantu," jelas LeBrun.

Saat ini para peneliti dan pembasmi serangga sedang berusaha menciptakan sejenis umpan untuk menarik perhatian semut-semut gila.

"Untungnya semut gila itu tidak menyengat dan gigitannya tidak menyakitkan. Hanya sifat perusaknya saja yang sangat mengganggu manusia," ujar LeBrun.

Semoga semut perusak barang elektronik ini tidak ada dirumah atau lingkungan Anda..

109 comments:

  1. di laptop sering banget ada semut
    entah datang dr mana
    padahal laptop kan panas yah -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. abisnya mbak thika manis sih jadinya semutnya pada nempel deh di leptopnya biar bisa liat yang punya :D
      heuheu..

      Delete
    2. Itu semut pasti sedang habis musim dingin..:)

      Delete
    3. @thika_ Pasti semutnya semut programmer hehehehe...

      for All_ T.A.K

      Delete
    4. semut instalasi listrik itu

      Delete
    5. Semutnya mau ikut ngeblog

      Delete
    6. semutnya ganjen

      Delete
    7. Semut hitam god bless..:)

      Delete
  2. Whew.. bahaya juga ini semut... harus selalu dibersihkan elektroniknya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bang ancis, jangan lupa siap sedia pembasmi serangga didalam rumah :)

      Delete
    2. deterjen juga perlu..

      Delete
    3. @Bang Ancis_Iya betul bang, jangan2 kabel2 banyak yang rusak digigiti semut..

      for All_ T.A.K

      Delete
  3. Wah ... selain merusak makan juga bisa merusak elektronik ya .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kulkas perlu di amankan nih biar gak disikat abis sama semut perusak :)

      Delete
    2. isinya maksudnya mas andes..?

      Delete
    3. @Mas Nazar_kita rusak dulu makananya Mas..:) for All_T.A.K

      Delete
  4. waw sangat merugikan tentunya kalo ada semut perusak elektronik ini berkeliaran dirumah.. bisa2 seisi rumah di gondol abis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas-andes_kalau yang ini semut property mas, heheheh..:) T.A.K

      Delete
  5. Baru baca setengah besok tak lanjutin, mo istirahat dulu nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Suratno Kenthus_ sugeng enjang Kang ratno, gimana? Masih ăĎª ♧☀ semutnya..? T.A.K

      Delete
  6. Betul sekali ungkapan 'ada gula, ada semut'. Namun yang ini dia 'suka' dengan barang-barang elektronik. Mengapa dia suka 'tinggal' disitu ? Apakah habitatnya yang asli sudah tidak nyaman lagi sehingga dia harus 'berimigrasi' kesitu ? Disisi lain, dia akhirnya juga bermanfaat bagi manusia karena kemudian berdiri pabrik feromon anti semut. Dia secara tidak langsung juga berkontribusi 'menghidupi' para karyawan pabrik tersebut. Salam cemerlang Sobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herdoni Wahyono_ Iya Pak, memang disatu sisi merugikan, satu sisinya menguntungkan, itulah kehidupan. Salam cemerlang juga ya Pak.., T.A.K

      Delete
  7. Kyknya bukn hanya hanya semut, nyamuk juga bisa merusak brg elektronik...

    Coba aja, kl ada nyamuk nemplok di TV, pukul nyamuk itu pk pemukulnya Pak Satpam, dijamin brg elektronik itu bakal ikut rusak, haha.... *OOT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mukulnya gak kena gak rusak

      Delete
    2. Yang pegel tangannya yang mukul..

      Delete
    3. @Pri Enamsatutujuh_ gak apa2 Kang, yang penting peppi, eh heppy..:) for All_ T.A.K

      Delete
  8. memang mematikan juga yah ? :D wwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fajtin Ilham H_ merusak juga Mas..:) T.A.K

      Delete
  9. betul juga logikanya ya mas , semut bisa merusak circuit yang ada di board radio atau barang elektronik.
    semutnya nggragas sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semute panganane circuit mesti

      Delete
    2. diwehi munthul jajal

      Delete
    3. Nek diwehi budin..?

      Delete
    4. @Agus Setya_ semut cluthak Mas..:) for all_ T.A.K

      Delete
    5. semute jaluk diwenehi duit

      Delete
    6. Diwenehi parcel..

      Delete
    7. njaluk sego pecel kuwi mas

      Delete
    8. Sego pecel Madiun ya Mas..?

      Delete
  10. wah...semutnya sekarang uda semakin pinter juga mungkin ya. Tapi memang harus hati2 sih, binatang memang bisa merusak alat elektronik...pernah beberapa kali mengalaminya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya malah takutnya sama kumparan

      Delete
    2. Saya takut kitiran..

      Delete
    3. @wewengkon sumedang__semutnya sekolah elektro Kang..:) for All, T.A.K

      Delete
    4. saya takut sama kondensor nya

      Delete
    5. Kalau saya generatornya..

      Delete
  11. Wah semute pinter kalau diserang mengeluarkan feromon, biar temannya datang. Besok alat elektronik di rumahku mau tak kasih tulisan "Semut Dilarang Masuk" ben aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. kalo perlu ditambah: ngebut benjut!

      Delete
    2. pelan2 ada anak sekolah menyeberang jalan..

      Delete
    3. @Mohammad Isnaeni_ sekalian saja tulisi parkir penuh gitu Kang..:) for All_ T.A.K

      Delete
    4. Nek kang Rawins mesti ditambahi sampluk panci

      Delete
    5. 1/2 ronde kena panci langsung KO Kang..

      Delete
    6. test RPM gagal karena belum ganti oli

      Delete
    7. Lha sebelum test gak belajar dulu sih..

      Delete
  12. wah semut modern nih. kalau jaman batu bisa mati dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi jaman martil

      Delete
    2. Apalagi zaman pasir..:)

      Delete
    3. @Em Albar_ Iya Mas, semutnya semut millenium..:) for All_ T.A.K

      Delete
    4. jama edan semut mangan radio

      Delete
    5. Semute pingin jadi penyiar..

      Delete
  13. semut itu misterius, di tempat nyetrum aja dia bisa hidup, hebat kan..
    kapan2 kita bikin seminar tentang semut yuk.. kayaknya nggak pernah ada deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan kalo ada ya :-)

      Delete
    2. Saya juga ikut..

      Delete
    3. @zachflazz_ ayuk kang, kita undang semut2 itu ikut seminar kang..:) for All_T.A.K

      Delete
    4. konferensi semut sedunia dong

      Delete
    5. Iya ini bakal masuk MURI lho..

      Delete
  14. di tempatku..malahan kabel2 instalasi listrik habis digigitin oleh pasukan semut :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto_ wah itu pasti komandannya galak Mas, ..:) for All_ T.A.K

      Delete
  15. uih, bahaya juga tuh, kalo PC saya pernah dimasukin cicak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC Sampit_ iya sob, itu cicaknya nyasar kali ya.., heheheh..:) T.A.K

      Delete
    2. PC-nya gak dikasih peta jadi cicaknya nyasar ... he he

      Delete
    3. Soalnya biasa pakai google maps Mas..

      Delete

  16. semut si kecil tapi powernya itu mengalahkan gajah yang besar. haha dasar semut gila. tapi kalo barang elektronik dirumah aku si seringnya kemasukan ma cicak, trus ada baunya gak enak banget bau gosong gitu…
    basmi semut dengan cara picit dia biar mati.. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semut senenge kroyokan, yuk besok dikroyok genti

      Delete
    2. Itu cicaknya kebakar makanya jadi gosong..

      Delete
    3. @Susan Lolo Bua_ iya, cecaknya salah jalan, atau kalau nggak cecaknya nyasar..:) for All_ T.A.K

      Delete
  17. wah ...gawat jg yah, kuat banget giginya si semut. mudah2an di tempat saya aman2 saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P_ Iya Mbak Indah, semoga aman terkendali ya Mbak..

      T.A.K

      Delete
  18. wah ada juga ternyata semut yang kyak gini :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. @siapasihh_ Iya ini semut perusak elektronik..

      T.A.K

      Delete
  19. ngeri juga sampai segitunya, kaya gk da tempat lain za, malah cari alat elektronik

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jocker_ Iya semut nya ndablek Kang..:)

      T.A.K

      Delete
    2. Mau cari panci semute gak bisa masak, jadi cari elektronik

      Delete
    3. Biar lebih praktis Mas..:)

      Delete
  20. jadi ingat lagu ennno lerian--->> Semut-semut nakal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bocah kampoenk_ oek..oek..., itu jawabmu...:)

      T.A.K

      Delete
  21. waduuhh.,
    gak kebayang tuh seberapa kecil semutr nya.,
    bisa masuk ke dalam hape segala.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yogi Vipre_ semut Phantom Mas Yogi

      Delete
  22. disekelilingnya dikasih kapur serangga aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbak Iis_ Iya Mbak ide yang bagus..:)

      terima kasih idenya..

      Delete
    2. sekalian papan tulisnya

      Delete
    3. penghapusnya sekalian ya ..

      Delete
    4. kapur ajaibnya doraemon aja

      Delete
    5. @Thanjawa Arif_ bukan doraemon Mas, tapi Rudi Tabuti dengan chlk zone nya..:) T.A.K

      Delete
  23. kemarin ada yang gampar semut eh malah di gampar balik mas, lha wong semut di jidatnya tentara angkatan laut di gampar, ya di gampar balik plus lempar panci

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti itu di armatim perak ya Mas..?

      Delete
  24. di dunia persemutan emang kompag ya mas, yang bikin rusak itu kencingnya mungkin semut sekampung jika kencing semua terkumpul jadi satu dijamin konslet

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif_iya Mas Arif, bahkan banjir di jakarta, kalah dengan kencing semut sekampung...:) T.A.K

      Delete
  25. Replies
    1. @Valentino Febrian Blogspot.com_jangan mas, nanti masuk penjara semut lho..:) T.A.K

      Delete
  26. btw saya dah follow blog agan jika berkenan followback ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Valenrino Febrian.blogspot.com_terima kasih Mas, nanti saya langsung ke TKP, T.A.K

      Delete
  27. Mungkin di daerah AS blum ada kapur semut jadi basminya sulit ^^

    Kalau di rumah saya cuma makan kertas dan dokumen doangk kalo gak dikasih kapur barus,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Alfiansyah_ Asal gak ikutan makan beras kita ya Mas Wahyu...:)

      T.A.K

      Delete
  28. Semutnya satu, temannya yang banyak ... :-D
    hehheee

    =► http://www.adadeny.com/

    ReplyDelete
  29. alhamdulilah gak ada dirumah ku sob, wah sangat mengerikan sekali ya dari fotonya itu

    ReplyDelete
  30. wah bahaya jg nih lama2 kalau semut nyerang tiap hari elektronik :D nice artikel


    komen back yeeee

    ReplyDelete
  31. wah hebat juga ya ada semut yang bisa merusak elektronik begitu. Berarti kita harus hati-hati kalau ada semut. Jauhkan alat elektronik dari semut. Ok pak hehehe :D

    ReplyDelete
  32. terima kasih infonya sangat keren

    ReplyDelete

 
Top