Augmented Reality (AR),adalah sebuah teknologi yang dibuat untuk mengkombinasikan antara informasi dari computer kedalam kehidupan nyata atau sesuai dengan permintaan secara real time.



Untuk memahami tentang produk yang dijual oleh Perusahaan,Jepang sudah memulai penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) ini yang biasanya digunakan oleh perusahaanagar produk – produknya yang dijual bisa dipahami oleh para pelanggan.

Beberapa Contoh Perusahaan yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR);



Toppan Printing Co. Ltd., mereka meluncurkan sebuah komputer yang dapat memberikan informasi tentang produk secara interaktif yang bentuknya mirip sebuah mesin penjual (vending machine).Ini sudah dimulai Test pada oktober 2009,dibeberapa department store di jepang seperti Ito-Yokado.

Misalnya, dari sebuah QR Code yang diterima, melalui komputer tersebut, pelanggan menunjukkan QR Code yang ada di depan komputer maka komputer tersebut akan mengeluarkan sample produk yang akan diberikan secara gratis kepada pelanggan tersebut.

Atau komputer ini juga bisa memberikan informasi produk dengan cara si pelanggan menunjukkan produk perusahaan mereka yang akan difoto oleh komputer dan melalui aplikasi yang ada, komputer akan menampilkan informasi lengkap tentang produk yang dibawa oleh pelanggan.

Furutanisangyou Co. Ltd.
yang membuat apa yang disebut Magic Mirror. Kaca ini nantinya akan diletakkan di sebuah toko baju dan bisa dijadikan Virtual Fitting Room.

Melalui Magic Mirror, pelanggan bisa mencoba baju tanpa harus buka pakaian dan masuk ke ruang ganti, cukup berdiri di depan kaca ini, pilih baju yang ingin dicoba maka kaca ajaib tersebut akan menampilkan diri anda yang sudah mengenakan baju yang ingin dibeli.



Sony Music Communications Inc (SMC) and Sky&Road Co Ltd,mereka juga memakai Teknologi Augmented Reality (AR),untuk Show Windows.

Jika pelanggan berdiri didepan Show Windows ini,maka akan keluar beberapa gambar / virtual image yang ada,tentang produk – produk yang cocok untuk dipakai.Gambar – gambar itu akan muncul pada sekeliling tubuh dari orang tersebut.



techon.nikkeibp.co.jp

1 comments:

  1. wah, keren2 yah technology yg dibuat. kpn indonesia bisa secanggih itu yah??

    ReplyDelete

 
Top