Pameran dagang CEATEC Jepang 2010, yang dilaksanakan di Chiba Minggu yang lalu (Oct 5-9), Nissan memamerkan model futuristik lokasi nirkabel untuk pengisian charger dengan tenaga Matahari.

"Nissan Solar Tree" - produk yang merupakan gabungan antara panel surya dengan teknologi Wireless Charger,berdiri dengan tinggi 12 meter (39 kaki) dan memiliki tiga putaran panel surya tembus yang mengikuti arah matahari di langit.

Dengan efisiensi konversi yang diharapkan 30%, tiga panel surya bersama-sama dapat menghasilkan kekuatan 20 kilowatt .

Di bagian dasar Solar tree ini ada ada bagian berbentuk seperti daun semanggi , merupakan nirkabel pad pengisian yang dapat mengisi ulang baterai dari jarak pendek, tanpa menggunakan kabel atau steker.



Dalam pameran ini pula , Nissan memamerkan versi terbaru dari mobil robot EPORO nya, yang telah dilengkapi dengan sistem tenaga nirkabel.

Selain pengisian dirinya di bawah Pohon Solar, robot juga dapat repower sendiri di mana pun dengan menerima energi listrik melalui pengisian dilokasi yang ada tempat charger.

Solar Tree dapat digunakan secara individual sebagai stasiun pengisian skala-kecil di daerah perkotaan, atau kalau dalam jumlah yang banyak sekitar 1000 Solar Trees , dapat untuk menghasilkan energi pada skala pembangkit listrik.

Menurut's desain Nissan, sebuah hutan 1.000 Solar Trees akan dapat menyediakan listrik untuk 7.000 rumah tangga.

Selain menyediakan listrik, Solar Trees dapat mengurangi dari panas di musim panas. Panel surya tembus memberikan perlindungan dari sinar UV, sedangkan kabut halus yang dipancarkan dari tepi panel bekerja untuk mengurangi suhu di sekitar langsung.



pinktentacle

4 comments:

  1. Waduh bisa untuk 7000 RT ya SOb... mantabz... coba ada di Indonesia ya Sob.. kita gak akan kena mati lampu terus haha...

    ReplyDelete
  2. sebanding sama harganya ga ni? :p

    ReplyDelete

 
Top