Windows XP adalah sistem operasi paling sukses yang pernah dirilis Microsoft. Bagaimana tidak, sejak diluncurkan tahun 2001 silam, OS tersebut masih dipakai oleh 11,4 juta pengguna PC di Indonesia.

Angka tersebut berdasarkan perkiraan lembaga riset IDC yang tercantum dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno, dan melambangkan 43 persen pangsa sistem operasi desktop di Tanah Air.

Namun, pihak Microsoft mengimbau sekian juta pengguna tersebut untuk segera upgrade ke sistem operasi Windows yang lebih baru.

Pasalnya, dukungan extended support untuk Windows XP akan dihentikan pada 8 April 2014, atau persis setahun dari sekarang.

Produk Microsoft memang memiliki dua "siklus hidup". Pertama adalah mainstream support yang dalam hal ini produk bersangkutan akan memperbarui sektor sekuriti, stabilitas, patch, dan fitur baru secara gratis.

Siklus kedua adalah extended support, yang dalam hal ini Microsoft hanya akan memperbarui sektor sekuriti untuk menambal celah keamanan, sementara pembaruan jenis lainnya tersedia secara berbayar.

Nah, begitu extended support untuk Windows XP berakhir, pengguna akan kehilangan semua pembaruan vital di sektor untuk menjaga keamanan sistem. Akibatnya, mereka semakin berisiko terkena serangan malware, virus, atau hacker.

"Meskipun pernah menjadi OS paling populer dalam sejarah Microsoft, Windows XP tidak dirancang untuk menghadapi tantangan sekarang," tulis Windows Division Business Group Head Microsoft Indonesia Lucky Gani.

Bagaimana dengan pengguna Windows XP di luar negeri? Penelitian Net Applications yang dilakukan pada Maret lalu mengungkapkan bahwa OS berumur 12 tahun ini masih menguasai 37,73 persen pasaran sistem operasi desktop global.

Adapun sistem operasi yang paling banyak dipakai adalah Windows 7 (44,73 persen), sementara pangsa Windows 8 (3,31 persen) masih berada di bawah Windows Vista (4,99 persen).

Di Indonesia, menurut Microsoft, pengguna yang memakai Windows 7 sudah lebih banyak dari Windows XP, yaitu 46 persen berbanding 43 persen.



kompastekno


22 comments:

  1. saya pakai windows 7 mas...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mami Zidane_ sama saya juga pake Win 7.
      @zachflazz_ sama lagi dong..
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. wah..saya baru dengar nih. untung saja saya pakai win 7. mksh informasinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P, @zachflazz_ sama-sama dong..
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. iya Mas, ternyata kelemahan selalu ada dalam setiap sistem ya. masukan bagus dan saya tambah pengetahuan sekarang. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ iya mas semua sistem kayaknya harus terus upgrade, mgkin selain ini tuk bisnis mereka juga untuk up securenya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  4. saya sudah lama nggak memakainya sob,hampir 2 tahun saya meninggalkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zigzoor Thea_ saya barusan setahun ini Mas pindah ke Win 7, malah sekarang muncul lagi Win 8, terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. waduh saya pakai w xp dan masih setia, kalau nanti sudah ada kelemahan baru ganti w 7.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ Iya mas, soalnya win xp sangat familiar, tapi gimana lagi karena yang punya dah mau upgrade, hanya berbagi info Mas Agus dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. saya masih setia make XP 2 Kang, soalnya program ini support dengan program pekerjaan saya. Entah kalo nanti ada masalah dengan Upgradenya, munngkin saya malah beralih ke LINUX

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pakies_sama pak, saya juga hijrahnya barusan, karena sebelumnya support kerjaan juga pakai w xp, itupun hijrahnya gak sekaligus saat launching w7, dan malah sekarang muncul lagi w 8 tapi ini hanya berbagi info saja pak, terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  7. masih setia dengan Windows XP mass

    bantu saya dengan berkomentar di sini Riev-Bapo
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Riev - Bapo_ Iya Sob hanya info saja bahwa yang punya w xp 1 tahun lagi akan upgrade. terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  8. xp memang enak digunakan dan kompatibel dengan banyak aplikasi. jauh lebih baik dari vista. cuma kalah hemat listrik dari windows 7. entahlah jika dibandingkan windows 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Iswady Wahid_ Iya Mas Iswady sebenarnya saya juga suka XP, tapi gimana lagi 1 tahun lagi yang punya mengharuskan harus upgrade. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  9. walah,, strategi bisnis microsoft buat memusnahkan win xp yg udah jd legenda

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Topijerami Topjer_ iya nich dan nampaknya strategi yang demikian itu juga dimiliki oleh sistem2 lainnya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  10. saya pakai windows 7 dan Xp hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Amri Evianti_ Wah dual OS berarti mbak,..kalo saya di kantor w 7, dirumah xp. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete

 
Top