Mungkin setelah Boku kelamaan antri BBM di SPBU, beberapa hari kemarin menjelang kenaikan harga BBM, menjadikan Boku masuk angin.

kerokan

Setelah ber-happy ria mengantri dan mendapatkan BBM, Boku pulang kerumah. Namun keesokan harinya, Boku merasa mual, pusing.

Apakah ini gejala masuk angin?, kemudian Boku minum obat anti masuk angin dan dibuatin Teh manis oleh istri Boku.

Istri Boku menyarankan ke Boku supaya mau dikerokin, barangkali nanti Anginnya bisa keluar..:)

Ya, okelah dicoba saja, karena selama ini Boku menganggap sepele tentang masuk Angin dan tidak pernah kerokan.

Sambil dikerokin Boku coba searching, mencari info tentang Masuk Angin dan kerokan. Berikut ini Boku bermaksud share tentang Masuk Angin dan kerokan, yang Boku lansir dari tabloid bintang (" Apa yang Terjadi Saat Anda Masuk Angin dan Lalu Kerokan? ")

Beberapa literatur kesehatan menyebut, masuk angin penyakitnya orang Indonesia. Di luar negeri tidak ada istilah masuk angin. “Masuk angin bisa jadi karena hipoglikemia (kadar gula darah rendah, di bawah normal-red). Ini dipicu telat makan. Jika telat, gula darahnya drop. Lalu keluar keringat dingin, kurang konsentrasi, sakit kepala. Intinya kurang enak badan,” demikian Pauline mengingatkan. Orang awam memberi pertolongan pertama dengan teh manis hangat.

Rasa manis di dalam teh berasal dari gula. Nah, gula ini yang mengatrol merosotnya kadar gula darah. Lalu, bagaimana dengan kerokan? Kerokan itu metode tradisional. Banyak yang nyaman dengan metode yang satu ini. Prinsip dasar kerokan adalah memasukkan zat ke dalam tubuh lewat pori-pori.

Ketika kerokan, pinggiran logam mata uang menggores permukaan kulit kita. Goresan yang berulang membuat pori-pori melebar. Tindakan ini membuat panas tubuh (demam-red) lebih gampang keluar sehingga suhu tubuh yang semula meninggi berangsur melorot. Ketika kerokan berlangsung, pinggiran uang logam menekan permukaan kulit. Artinya, ada penekanan seperti terjadi pemijatan.

Ini memberi efek pemanjangan pada otot-otot yang memendek karena peradangan. Gerakan ini memberi efek positif. Rasa pegal dan nyeri berangsur sirna seiring dengan tubuh yang diistirahatkan. Yang perlu diperhatikan, orang sering salah kaprah soal masuk angin.

“Orang merasa masuk angin kemudian asal kerokan. Padahal patut dicamkan, gejala penyakit jantung pun menyerupai masuk angin. Nyeri di dada, mual, ingin muntah, dan sakit di dada yang tidak khas. Itu sebabnya, kita beberapa kali mendengar ada orang masuk angin meninggal setelah dikerok,” imbuh dokter yang juga istri pengamat musik, Bens Leo.

Jadi patut diingat, masuk angin hanya istilah. Ia bukan penyakit, melainkan gejala. Selain teh manis hangat atau wedang jahe hangat, yang perlu Anda lakukan jika masuk angin bertandang, bertanya kepada penderita, sudah makan belum? “Kalau sudah, kapan terakhir kali dia makan? Ini berhubungan dengan hipoglikemia,” tuturnya.

Namun, kenyataannya tatkala Boku dikerokin sama Istri, rasannya geli dan sakit semua, maklum ini pertama kali dikerokin.

Dan hasilnya, entah ini sugesti atau tidak, tapi Alhamdulillah kondisi badan berangsur-angsur membaik meskipun masih pening sampai saat Boku posting artikel ini.

100 comments:

  1. oke gan artikelnya hahaha !! gosok dulu

    Come back

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Febri Koplo_ Bukan gosok Mas Febri, tapi kerok..heheheh..

      Delete
    2. mungkin maksudnya di kerok pke..obat gosok.. :)

      Delete
    3. @budi os 19_ooo,..gitu..?

      Delete
  2. sama tuh dg ane, Gan! pernah dikerokin sekali2nya, bis itu malah sakitnya nambah..hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @CG_ Iya sob, malah tambah sakit bekas kerokan kan? :) T.A.K

      Delete
  3. saya gak suka di kerok.. geli dan sakit.

    aaarrrrgg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Miz Tia_ sama dong Miz..heheheh...:) T.A.K

      Delete
    2. saya juga gak suka di kerok tapi lebih suka di gosok

      Delete
    3. Mas Mus_ digosok ilang kisutnya ya Mas..

      Delete
  4. semoga cepet sembuh mas, kemarin tidak minum jahe anget dulu ya mas pas antri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jahe nya lagi abis mas belum beli lagi

      Delete
    2. ya udah pake kunir aja deh

      Delete
    3. kunirnya udah dipakai buat masak, ya udah lengkuas saja

      Delete
    4. Pakai kencur aja..:)

      Delete
    5. @Agus S/ all_ dah minum sih, temulawak pahit...:) T.A.K

      Delete
  5. nggak papa Mas, nyantai aja. taksembur dari sini: sembuh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedia payung...ada hujan lokal

      Delete
    2. ada mrico nyiprat

      Delete
    3. Sembur beras kuning yo Kang, ben ndadi..

      Delete
    4. @zachflazz/ for All_ T.A.K

      Delete
  6. kalo saya sih memang harus selalu dikeroki kalo meriyang atau apapun. jadi pede, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ngecap kayak tengkorak

      Delete
    2. @zachflazz/ @Agus S_ iya sih, tapi saya gak biasa Kang, takut kulit saya tambah tipis..heheh..:) T.A.K

      Delete
  7. kerokan jg gk dikenal di barat pak.., emank org2 indonesia emank hebat!, cukup dgn koin 500 langsung sembuh *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook_ Iya sob, bahkan dg Rp 5, - pun bisa bablas angine..

      Delete
    2. mas boku..masih nyimpen uang 5 perak..mesti :)

      Delete
    3. Nggak sih Mas, kemarin aja pakai uang 500 an..

      Delete
  8. Aduh Bang, antri BBM sampe masuk angin kasihan bener si abang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Suratno Kenthus_ Iya Kang, tapi kalo gak gini gak bisa ngrasain kerokan Kang..:) T.A.K

      Delete
  9. Merasa masuk angin kemudian kerokan banyak dilakukan di kalangan masyarakat. Banyak yang merasa enakan dan lebih nyaman sehabis kerokan. Mungkin saja sugesti yang bersangkutan begitu kuat dan yakin akan sembuh sehabis kerokan. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herdoni Wahyono_ Iya Pak, bahkan habis kerokan disuguhin minum the angat manis, terus serasa pyar entheng.., salam cemerlang juga Pak Herdoni. T.A.K

      Delete
  10. Huwaaa,, lah kok samaan! Gen-Q malah sampai panggil tukang urut ^^ ., awalnya gak percaya, masa kulit di kerok gitu bisa nyembuhin masuk angin. Tapi karna udah kelewat sakit jadi terpaksa.. Pantesan kalau sehabis dikerok itu katanya memang disuguhkan teh manis. Jadi itu alasannya. Baiklah... resiko orang Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gen-Q_ Bangga jadi orang Indonesia yang punya kerokan..:) T.A.K

      Delete
  11. g pernah kerokan,,,,
    heehehehe,,,,,,

    cepat sembuh ya kak boku,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KayLa_ nyobain juga boleh..:) terima kasih dik MaYa. T.A.K

      Delete
  12. ini nih, yang namanya kerokan, saya nggak biasa dikerokin dan susah dibujuk kalau mau dikerokin, alasannya geli. itu saja. tapi saya biasa jadi tukang kerok, bila tetangga ada yang nggak enak badan atau suami lagi pegel-pegel...tapi suami saya juga bukan orang yang doyan kerok. sekali atau dua kali gores, sudah...sekali lagi GELI alasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. geli-geli gimanaaaaaaa geetooo

      Delete
    2. geli geli enak ya

      Delete
    3. geli-geli...gelitikin

      Delete
    4. Geli-geli..geliat..:)

      Delete
    5. @khusna khairunisa_ Iya mbak Khusna, saya kemarin malah diikat kaki dan tangan saya, supaya gak meronta2..hadeh ...:) T.A.K

      Delete
    6. geli geli geli keju angernganti tekan gulu di ampet nganti kiyer kiyer.
      Keroan...... -

      Delete
    7. Kiyer2 sambil merem2..

      Delete
  13. wah banyak juga manfaat dari kerokan ya kang, saya juga sering banget masuk angin, mungkin karena banyak faktor seperti yang akang tulis di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zigzoor Thea_ Iya Kang, apalagi kalau saya ditambah faktor tanggal tua..bhahaha..:) T.A.K

      Delete
  14. Kalo aku gak bisa dikerokin mas ... :D Takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau ngerokin bisa doonk bro hehe

      Delete
    2. bilang saja nggak bisa, gitu Mas. ntar disuruh ngerokin Pak Dede...hahaha

      Delete
    3. Wah pasti kalau ngerokin Kang Dede, bonusnya sop buntut goreng..:)

      Delete
    4. @Mas Nazar_ saya juga gak suka dikerokin Mas, tapi karena kemarin istri tercinta maksa ya ya ya...:) T.A.K

      Delete
    5. Ya 3 kalinya...mengingatkan..akan sesuatu... :)

      Delete
    6. mengingatkan sesuatu banget..

      Delete
  15. sama mas Boku,sayah juga kalau merasa masuk angin suka di kerokin,tapi konon katanya jangan dibiasakan,karena nantinya akan menjadi kebiasaan,

    BTW nice info Kang Boku,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngomong gitu pasti yang suka ngerokin kang Dede yah hehe...

      Delete
    2. katanya bikin kecanduan Pak Dede. yang kemeng ya juru keroknya kalau sudah gitu

      Delete
    3. Juru keroknya harus dikasih bonus dong..:) for All_ T.A.K

      Delete
    4. @mas Anthonie : seratus mas :)

      Delete
    5. ditambahi nggak seratus sepuluh..:)

      Delete
  16. kalo saya mas udah dari kecil sering di kerokin kalo masuk angin :D maklum orang desa ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Dwi_ saya lebih ndeso Mas..:) T.A.K

      Delete
  17. ternyata masuk angin karena kurang darah ya :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jocker_ Benar sobat, itu salah satu faktornya :) T.A.K

      Delete
  18. Saya kalau pas dikerokin bagian pinggir selalu nggak kuat, geli banget rasanya hehe... Tapi manjur juga yah dikerokin, asal tau aja jangan sampe gejala jantung dikerokin malah bahaya... artikel yang bermanfaat sob, menambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie Eka_ Iya Mas Anthonie, sama-sama. T.A.K

      Delete
  19. saya lebih suka minum obat dibanding di kerokin mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andy_ sebenarnya itu yang bagus Mas Andy, dengan minum obat dari pada dikerokin..:) T.A.K

      Delete
  20. kalo dikerokin sama istri rasanya emang beda sob, agak geli2 gimana gitu, hehe :)

    komen balik ya juragan, makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @software freeware_geli2 enak ya sob? Heheheh..:) T.A.K

      Delete
  21. wahhh asik nih dikerokin saa istri tercinta.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. @M. Alex Joenaedi_ iya dong makin asik, heheheh..:) T.A.K

      Delete
  22. dikerok geli kalo kena pinggang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandar Sunandar_ geli dan bisa bikin ngekek...:) T.A.K

      Delete
  23. .. kalo aq sich dulu suka kerokin mamah aq. palink enak tuch pake duit Rp 5. lebih enak. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @VPie T M_ Iya mbak, karena uang Rp 5, diameternya agak besar, dan tepinya halus..:) T.A.K

      Delete
    2. satu idealis nih
      #salaman dong :)

      Delete
    3. tepuk tangan dong..

      Delete
    4. tepuk jidat..(mumet..:)

      Delete
  24. kalo ane minum bandrek aja gan,.

    wkwkkwkkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yogi Vipre_wah keren itu sob, kayak kunci dong bisa dibandrex,.heheheh..:)

      T.A.K

      Delete
    2. saya koq jadi pengin yaa

      Delete
    3. wakakkakk :D

      o'iya gan.,

      follback sukses :D

      Delete
    4. Pingin apa Kang zach?, Mas Yogi_ Terima kasih..

      Delete
  25. afdolnya emang sesudah kerokan..badan trus di pijit ya mas..apalagi besok nya ambil cuti kerja dua hari... hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... benerrr

      Delete
    2. apa lagi yg mijitin cewek seksi.,

      Wew.,

      Delete
    3. Saya cuti 1 hari Mas Budi..

      Delete
  26. aku juga kalo masuk angin mempan nya di kerok kok mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rizal Uye_ Wah hebat dong Mas Rizal, cuman dikerok langsung sembuh..:)

      T.A.K

      Delete
  27. Namanya Orang Ndeso tuan boku, Saya bila masuk angin belum dikerok masih meriang nih badan setelah dibikin belang enteng tubuh ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mus Djono_ Belang memang enak mas Mus, hehehehe...:)

      T.A.K

      Delete
  28. Betul mas, kadang saya juga tdk percaya.. kenapa hanya dg kerokan masuk angin bisa berangsur hilang (hampir setiap masuk angin saya selalu kerokan), namun setelah baca artikel diatas baru tahu saya cara kerjanya.

    ReplyDelete
  29. @Bayu S_ Iya mas Bayu, tadinya saya juga gak percaya, namun kemudian saya buktikan dengan kerokan. EE..berangsur2 anginnya bisa keluar..:)

    T.A.K

    ReplyDelete
  30. ah, masa' sih baru pertama kali kerokan... kl saya mah langganan, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pri Enamsatutujuh_ bener mas Pri,..saya gak suka dikeroki dan gak suka ngeroki hehehehe...

      T.A.K

      Delete
  31. saya paling senang kerokan mas, cepat segarrr...terima kasih sudah berbagi pengetahuannya. Salam.

    ReplyDelete
  32. Anonymous15/9/16

    http://www.pengobatanhipertensi.info/obat-hipertensi/

    ReplyDelete

 
Top