Kalau minuman soft drink, dan minuman lainnya dimasukkan dalam kemasan kaleng, itu mungkin sudah umum dan biasa.


Namun jikalau beras yang dimasukkan dalam kemasan kaleng seukuran dengan kaleng minuman pada umumnya ini yang tidak biasa.


Sepintas jika melihat kemasan kaleng ini, kita menyangkanya ini adalah minuman atau softdrink yang mungkin terbuat dari beras, atau rasannya seperti nasi.


Namun kenyataannya ini adalah kemasan kaleng yang didalamnya adalah beras, yang sengaja dikemas dalam kaleng.



Beras kemasan kaleng ini tujuannya adalah untuk dibawa atau disimpan pada situasi darurat, misalnya terjadi bencana alam, tsunami, gempa bumi, dan bencana lainnya.

Beras kemasan kaleng ini bisa disimpan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun, dan rasannya tidak berubah atau sama dengan beras saat awal memasukkan dalam kaleng.



Beras kemasan kaleng ini diproduksi oleh prusahaan CTC dari Kyushu - Jepang, disimpan dalam kaleng seukuran dengan minuman softdrink pada umumnya yaitu 300g (10.6 oz).




Beras kemasan kaleng ini juga bisa didapatkan melalui mesin penjual otomatis atau Vending Machine yang ada di Jepang.

Bahkan beras kemasan kaleng ini lebih ringan dari minuman coca - cola (316 g vs 379 g), dan bisa mengapung dalam air.


Selain bisa dibeli eceran, beras kemasan kaleng ini juga bisa dibeli secara dos. Dalam 1 dos terdapat 8 kaleng, dijual dengan harga 4000 Yen, atau sekitar 400.000 Rupiah:). Beras kemasan kaleng ini juga dijual di Amazone.jp.



Memang kelihatannya mahal jika dilihat dari mata uang rupiah, dan kita adalah penghasil beras.

Namun dalam kondisi darurat, dari pada harus menggotong karung beras, dan belum tentu beras tersebut malah kena air banjir atau tsunami, maka nampak lebih praktis jika membawa beras dalam kemasan kaleng.




inventorspot

129 comments:

  1. Lagi, lagi dan lagi..

    Kapan Indonesia punya inovasi kyk gini ya Mas Bro
    xiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. @van buseng_nanti Mas van, perlu dipikirkan dan dipertimbangkan dulu Mas :) T.A.K

      Delete
    2. numpang petrumaksnya ya...males nyekrol he3...
      wah enak ya kaya gitu lebih praktis kalau buat simpenan...menarik infonya sob..

      Delete
    3. @Ummu Ruqayyah_ Iya sobat, nampaknya lebih praktis. Terima kasih. T.A.K

      Delete
  2. wah saya baru tahu mas,memang lebih praktis dan awet,iya kenapa indonesia nggak buat yah,padahal kita banyak beras,nggak kepikiran kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mikirin korupsi mulu sih hehehe

      Delete
    2. saya dong mikir buat bahan posting,hehe

      Delete
    3. Mikir bayar utang,,, heheheh ...

      Delete
    4. @zigzoor thea/ @zachflazz/ @Budi Siswanto/ @ Agus Setya_ Ayo kita mikir bareng2 :) T.A.K

      Delete
    5. yuk kita mikir bahan blog, mikir utang, mikir bojo loro, eh..keceplosan

      Delete
    6. Awak loro kabeh Mas, mikir bojo loro heheheh :)

      Delete
  3. hahaa aneh juga ya, saya baru lihat nih yg kayak gini..kerenn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fian Syauqi_ Iya Mas Fian, saya juga baru lihat pertama kali ϑĭ Jepang;) T.A.K

      Delete
  4. wah 400rb 300gram, ayo jualan beras ke jepang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mangito_ Ayo Mas jualan bareng2 kesana, heheheh:)

      Delete
  5. wihh bagus banget ya berasnya ... pasti enak yaa mas boku

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nia Dewiasih_ Iya mbak Nia, pulen rasannya :) T.A.K

      Delete
  6. wah ini baru informasi mantap yang saya ketahui sobat, baru tahu kalau ada beras dalam kaleng
    terima kasih infomasinya, salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penyuluh Perikanan_ Iya Pak, sama-sama. Salam sukses juga. T.A.K

      Delete
  7. iya ya Bang, harganya yang terlampau mahal. susah buat populer kalo di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ perlu inovasi kalau [m̲̅][a̲̅][u̲̅] dijual ϑĭ Indonesia, biar hargannya terjangkau Kang :) T.A.K

      Delete
  8. waw keren... coba di indonesia ada seperti ini.... jadi serba praktis ya...

    mungkin kedepannya bisa - bisa ada ide Okisigen di kemas seperti minuman ringan, kalau udara di dunia ini sudah banyak polusi udara hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yono Karyono_ Iya Mang, nantinya semua serba instant Mang :) T.A.K

      Delete
  9. hehehe ada-ada aja yah mas :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maz Nazar_ Iya Mas memang ada2 saja idenya :) T.A.K

      Delete
  10. yg mahal itu kemasannya ya mas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @waroeng coffee_ Iya sob mungkin kali ya? :) T.A.K

      Delete
  11. wew hahahahahaha ada-ada aja nihh, kaya cap kaki 3 aja

    *Kunjungan Rutin Sob, hehehehe Ipul Hadir lagi. :D

    Kunjungan Balik ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saiful Anas_ Iya Mas Saiful, kayak minuman cap kaki 3. T.A.K

      Delete
  12. ada aja nih inovasinya :D keren lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Dwi_ Iya Mas, terima kasih:) T.A.K

      Delete
  13. suatu saat mungkin akan ada seukuran 1 kg ya mang boku, supaya saat membeli beras lebih mudah untuk yang biasa beli 1 kg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus bg_ Iya Mas agus, disesuaikan , kalau ÿ̲̣̣̣̥
      ​A̶̲̥̅̊
      п̥̥̲̣̥
      Ǧ̩̥
      biasa 1/2 kg juga perlu disediakan :) T.A.K

      Delete
  14. kok ada2 aja ya mas orang jepang tuh, sampe beras aja dikalengin :) hehehe jadi gak repot nih kalo pergi gak punya saku, tinggal bawa beras kaleng kalo laper langsung buka tinggal makan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Faceblog Evolutions_ Iya sob, tapi perlu dimasak dulu berasnya :) T.A.K

      Delete
  15. ada lebel halal nya gak yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muslimedica_ Heheheh: ) ini baru ϑĭ Jepang sob, jadi mgkin ƍäªќ ăĎª ♧☀ label halalnya. T. A. K

      Delete
  16. Negara dan masyarakat Jepang lebih banyak belajar dengan kejadian alam, dimana sering terjadi bencana alam dan hal itu membuat mereka lebih di picu untuk berinovasi dalam mempersiapkan diri dlam meghadai situasi seperti itu.

    Yang menjadi pertanyaan untuk kita semua, mampukah kita sebagai negara agraris untuk dapat mengeksport beras-beras kita ?
    He,,,,x9

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ejawantah wisata_ benar sob, mereka banyak berinovasi karena kondisi alamnya, kita perlu mencontoh, karena ditempat kita orang bilang tanah kita tanah surga, semuanya hampir ăĎª ♧☀ semua :) T.A.K

      Delete
  17. makin keren aja inovasi dari Jepang ya mas, beras darurat seperti ini cocok untuk tempat yang sering banjir di Indonesia. terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @buret_ Iya sob, sama-sama. T.A.K

      Delete
  18. wow kalengnya ituloh mas keren banget dan memudahkan memang kalau ada bencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munir Ardiku_ Iya Pak, memang ini dibuat untuk kemudahan ketika terjadi bencana. T.A.K

      Delete
  19. Wah ide yang sangat brilian.. bisa dicoba nih nanti... thanks infonya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Siswanto_ Iya Mas Budi, Mas Budi juragan beras Ya Mas :) ?? T.A.K

      Delete
  20. Semakin lama, semakin banyak terobosan baru untuk memecahkan maaslah yang ada. Kreativ juga ya yang punya ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rahmat Aziz_ Iya Mas Rahmat, idenya memang top ..:) T.A.K

      Delete
  21. secara jepang kan negara maju, lebih maju dari indonesia :)

    salam blogger,
    oldsunday.bblogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @faktor penyebab kanker_ heheheh..bener sih mbak ..) T.A.K

      Delete
  22. semua produk yg baru itu d buat sedemikian praktis nya ya mas , memang jaman skrng serba praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Info Seputar Bola_ Iya mas, praktis dan cepat:) T.A.K

      Delete
  23. wah kapan Indonesia bisa produksi seperti ini mas,kayanya lebih praktis, tapi limbahnya itu nanti banyak juga yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy_ Iya Kang, kita harus juga memikirkan recycle limbahnya biar bisa dipakai Lɑ̤̥̈̊ƍΐ , atau untu produk lainnya:) T.A.K

      Delete
  24. nanti tempe jangan-jangan kemasan botol ada juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Avip_ Tempe Botol nanti brandnya ya Mas :) T.A.K

      Delete
  25. efektif dan efisien juga beras kemasan kaleng. bisa dibawa kemana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lukman hakim_ bener Mas Lukman, simple :) T.A.K

      Delete
  26. Replies
    1. @Angelica Tse_ Ruarrr..biasa :) T.A.K

      Delete
  27. wah kalau di indonesia ada beras kemasan kaleng seperti itu juga ya enak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi_ mungkin begitu ya sob :) T.A.K

      Delete
  28. Praktis ya kalau begitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herman 1992_ simple :) T.A.K

      Delete
  29. wah, semakin oke saja nih perkembanganya. Beras aja udah dikalengin, semakin cangih nih. harapanya indonesia jangan sampai impor beras dikalengi ini :) cukuplah yang dikarungi doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Apri Aldi_ harusnya jangan import tapi bisa eksport :) T.A.K

      Delete
  30. Emang bener mas,sepintas kayak minuman..orang jepang emang kreatif2 ea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Wahyu Basofii_ benar Mas Wahyu, mereka kreatif2, harusnya kita juga bisa, karena kita juga ƍäªќ kalah kreatif :) T.A.K

      Delete
  31. ntar pasti ada sayur kemas juga ya mas :) hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas-andes_ itu sudah ăĎª ♧☀ Mas andes :) T.A.K

      Delete
  32. salut tuh sama yang punya idea seperti itu,memang berner,kalau terjadi banjir sekalipun beras tersebut tetap bisa di masak karena bersih hebat hebat hebaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dede Thea_ Iya Kang, nggak kebasahan kena banjir :) T.A.K

      Delete
  33. Replies
    1. @Rengga_ Tuh kan:) heheheh.. T.A.K

      Delete
  34. jaman skrg apa2 serba praktis, sampai beras aja di wadahin kaleng y sob, kirain awalnya kaleng minuman, hehe

    kunjungan malming sob :) koment back y dpostq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achsan MassiveBjn_ Iya sob, terima kasih, nanti ªķku̶̲̥̅̊ main kesana juga. T.A.K

      Delete
  35. ternyata ada juga beras instant,ko di indonesia nggak ada yah,mungkin terlalu banyak beras kali jadi pikirnya buat apa dibungkusin begitu,barangkali.oh ya berkunjung bang dan salam kenala saja sekalian follow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kang lili s_ Iya Kang, bersyukurlah kita yang masih ăĎª ♧☀ beras, dan mudah mendapatkan beras. Terima kasih follownya. T.A.K

      Delete
  36. kreatif banget ea negara jepang. Beras di masukin kaleng, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achmed Islamic Hernawan_ Iya sobat, kita patut mencontoh inovasi2nya . T.A.K

      Delete
  37. Ide yang bermanfaat, karena memang di jepang sering terjadi gempa, saat keadaan darurat beras dalam kaleng sungguh praktis untuk dibawa.... Nice info sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie_ Iya sobat, terima kasih. T.A.K

      Delete
  38. wah tapi agak kocak yaa gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hack4rt_ Iya sobat, mungkin karena ϑĭ kita belum ăĎª ♧☀ ya ..:) T.A.K

      Delete
  39. aku kira kaleng minuman sob hehehe, klo ada beras dlm kaleng kemasan pasti praktis dibawa kemana2, misalnya buat naik gunung atau kemping yaah.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN_ Iya Pak, mungkin cocok bagi pendaki gunung seperti Bapak EKA :) T.A.K

      Delete
  40. Saya rasa Produk yang beginian ini kurang baik deh sob utk kesehatan,
    kita hrus hati2 membeli produk yg berada di kemasan kaleng, dan lihat tgl kadaluarsanya.
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Netterku_ Benar sob, tapi ini batas kadaluarsanya sampai 5 tahun, jadi cepet2 aja dimasak sebelum 5 tahun :) T.A.K

      Delete
  41. Memang kelihatan mahal ya, tapi di daerah saya belum ada kelihatannya seperti ini, semua masih bergantung pada beras dari karung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dicoba_ Karung ditempat kita masih banyak sob :) T.A.K

      Delete
  42. gk nyangka kalau di dalamnya bakalan berisi beras ..hehehe,sukses terus sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cinta Kusumanegara_ Iya sob, terima kasih :) T.A.K

      Delete
  43. kunjungan pagi gan ,salam kenal ya ..info yang sangat bagus dan bermanfaat ,terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @blogger prustasi_ terima kasih kembali sobat, salam kenal juga. T.A.K

      Delete
  44. Agak unik juga. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hattori Kun_ Unik dan menarik :) T.A.K

      Delete
  45. selalu ada ide kalau orang jepang,soalnya harga berapaun akan terbeli,kalau disini kan nunggu beras antren kayak saya,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ ngantri diselepin dulu ya Mas Agus ?:) T.A.K

      Delete
  46. Replies
    1. soalnya pasti laku kok mas, beda sama indonesia yang masih menggunakan karung hehe

      Delete
    2. Eman2 karungnya kalau nggak kepakai..:)

      Delete
    3. @Faizal Indra kusuma/ @ Agus Setya_ mahal kalau dirupiahkan, mngkin kalau ăĎª ♧☀ ϑĭ kita disesuaikan lah harganya biar laku keras. T.A.K

      Delete
  47. kl dijual di negeri kita, laku apa gak ya hihihi
    makasih infonya. met lburan mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @alkatro com_ perlu dicoba sobat. Sama-sama, T.A.K

      Delete
  48. wah, ini ide baru namanya sob, perlu dikembangkan ke negara2 lain ini... sangat berguna sekali. tp kalo diliat dari harganya sih memang mahal ya sob, sedangkan org2 di negara kita kan maunya yg serba murah tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penghuni 60_ Iya sob, kalau misal dijual ditempat kita ya harus disesuaikan dengan income perkapita kita:) T.A.K

      Delete
  49. jadi tmbah pengetahuan sob,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KayLa_ Iya sobat, silakan dan terima kasih. T.A.K

      Delete
  50. Wah Jepang ada2 aja ya idenya? Beraspun bisa di jadiin kaya minuman, dimasukan dalam kaleng. Tapi diliat2 praktis juga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @deni_ benar sobat, mereka kreatif membuat beras praktis ini:) T.A.K

      Delete
  51. wahhh simple dan sangat bermanfaat ya mas...bisa jadi inspirasi petani indonesia ini mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kang Farhan_ Iya Kang, semoga menjadikan inspirasi inovasi bagi kita :) T.A.K

      Delete
  52. Hehehehehe, bagus ya, beras dalam kaleng! 5 tahun lebih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ello Aristhosiyoga_ Iya sobat Ello, kreatif, T.A.K

      Delete
  53. wakakakka, lucu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Em Albar_ hehehehe:) unyu...:) T.A.K

      Delete
  54. ide yang inovatif, praktis. dalam keadaan darutan beras dalam kaleng lebih simple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi_ Iya Kang, simple dan praktis :) T.A.K

      Delete
  55. kunjungan malam mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Dwi_ Selamat malam Mas Wahyu :) T.A.K

      Delete
  56. Mampir lagi mas, banyak inspirasi disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy_ Terima kasih Kang El. T.A.K

      Delete
  57. Wah.. wah..
    Canggih bener ya.
    Suatu saat akan ada di Indonesia juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kopiah Putih_ Iya Kang, harapannya di Indonesia nanti juga ada, seperti ini untuk mobilitas bantuan beras saat terjadi bencana.

      T.A.K

      Delete
  58. Indonesia harus bisa nih mas BOKU... praktis, awet, dan masih terjaga rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ifan Ebitz_ Iya semoga saj ya sob..

      T.A.K

      Delete
  59. selamat siang semuanya dan selamat beraktivitas di bulan November ini ya

    ReplyDelete

 
Top