Apa yang Anda makan saat sarapan pagi hari ini?

image:thinkstock

Dibandingkan dengan ubi, kentang lebih populer sebagai asupan karbohidrat untuk sarapan. Ternyata ubi yang manis ini tidak kalah hebat kandungan vitamin dan mineralnya. Mana yang lebih sehat untuk sarapan?


Dalam 100 gram kentang terdapat 92 kalori, 21 karbohidrat, 2,3 gram serat, 2,3 protein, dan 17 persen rekomendasi asupan vitamin C. Selain itu, terdapat beberapa kandungan mineral seperti potassium (750 mg), magnesium (37 mg), dan zat besi (1 mg).


Dilansir dalam Times (20/05/2013) 100 gram ubi hanya mengandung 90 kalori, 21 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 35 persen rekomendasi asupan vitamin C dan 380 persen rekomendasi asupan vitamin A.


Ubi juga kaya mineral, seperti potassium (542 mg), kalsium (43 mg), dan magnesium (31 mg). Kandungan potassium dan magnesium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Zat besi untuk kesehatan sel darah, dan kalsium untuk kesehatan tulang.


Walaupun kentang sering menjadi menu pelengkap sarapan, ubi manis ternyata mengandung indeks glikemik lebih rendah. Karenanya konsumsi bahan makanan ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah dan memicu konsumsi kalori berlebihan.


Konsumsi ubi untuk sarapan jauh lebih sehat daripada kentang biasa. Dengan kandungan vitamin C dan A lebih banyak, kandungan yang baik untuk kesehatan mata dan sistem imunitas. Walaupun rasanya manis, ubi mengandung kalori lebih sedikit, lebih banyak serat, dan total karbohidrat lebih rendah dari kentang.


Tapi, cara memasak juga sangat berpengaruh pada tingkat kalori. Jika, lebih suka menyantap kentang, lebih baik olah kentang dengan cara direbus atau dipanggang karena jika kentang digoreng, kalorinya akan bertambah lebih banyak.






Nah, apakah Anda suka sarapan pagi dengan Kentang atau Ubi?, semoga share posting ini bermanfaat.






food.detik

112 comments:

  1. saya sh orang kmpung mas boku... mkan klo gk sm nasi gk kenyang .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi sama krupuk. itu kalo sayah

      Delete
    2. kalo saya krupuk saja ditambah nasi :-)

      Delete
    3. kalau saya sih krupuk dan kecap dan nasi

      Delete
    4. Kalau saya nasinya satu krupuknya banyak..:)

      Delete
    5. @Nia Dewiasih_ Heheheh, sama mbak kalau saya nggak makan banyak nggak kenyang :) For All T.A.K

      Delete
    6. lebih mantap lagi Nasi kemangi Sama sambal terasi. Pokoknya Munstup dah... Tambah karak lebihmantap lagie.. Walau takapalah nasi lauk nasi

      Delete
  2. saya lebih suka kentang..

    makan ubi katanya bikin kentut mulu -_-
    tapi sehat sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kang ubi mana nih

      Delete
    2. mamang lagi sibuk kampanye euy

      Delete
    3. Kang Cil Lɑ̤̥̈̊ƍΐ sibuk bikin proposal :)

      Delete
    4. @Miz Tia_ kalau sedikit bikin kentut mbak, tapi kalau banyak nggak kok :) tanya aja ma Kang Cilembu thea pakarnya Ubi (.̮)‎​​♓éђё(.̮)‎​​♓éђё:). For All T.A.K

      Delete
  3. saya lebih suka yang ubi kang dibanding kentang, katanya sih yang ungu bagus untuk lambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih suka klepon

      Delete
    2. Saya suka thiwul

      Delete
    3. @Thanjawa Arif / @zachflazz_ Iya Mas bagus juga untuk musim paceklik ƍäªќ ăĎª ♧☀ beras :) For All T.A.K

      Delete
  4. makasih sobat, udah follow. Aq jg udah follow back...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achmed Islamic Hernawan_ Sama2 sobat, keep blogging! T.A.K

      Delete
  5. banget om, kentang goreng ubinya tapi dibikin tela2 rasa balado. suka banget..
    hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Faceblog Evolutions_ Habis makan kentang goreng, makan ubi tela2 Balado, uenak sob :) T.A.K

      Delete
  6. karena ubi ada manis2nya kali ya jadi kandungan glukosanya juga lebih banyak...itulah yang membuatnya lebih baik dari kentang, menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uyo Yahya_ Benar juga ya Mas :) T.A.K

      Delete
  7. Wah, emang dah ubi topcer. Aku suka loh..... Soalnya di daerahku lebih populer ubi siiiiiih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elli Aristhosiyoga_ Oiya, berarti banyak ubi dong ? :) T.A.K

      Delete
  8. saya lebih suka ubi tuh mas...lebih gurih apalagi dibakar...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kangfarhan_betul Kang, direbus dan digoreng, serta dibikin peuyeum juga  Ĕňǎ̜̣̍
      κ̣̝̇
      κ̣̝̇
       Kang :) T.A.K

      Delete
  9. saya lebih suka ubi, karena harganya lebih murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi_ Setuju Kang :) T.A.K

      Delete
  10. saya barutahu bang,kalau ubi juga bagus untuk sarapan,terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zigzoor Thea_ sama-sama Kang :) T.A.K

      Delete
  11. Klo untuk sarapan saya suka nasi, tetapi klo untuk menu tambahan saya suka ubi palagi klo dibakar wow.. mantap coy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Siswanto_ Iya Mas Budi, dibakar terus makannya habis makan Kupang Keraton :) T.A.K

      Delete
  12. klo saya sich mending ubi. murah meriah.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Iswady_ Setuju sob, :) T.A.K

      Delete
  13. klo saya yang murah aja... klo kentang sehat tapi mahal... klo ubi murah tapi klo kentut.. bah... gak kuat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Payzo_ setuju Pak, tapi kentutnya kalau ƍäªќ kuat digotong sama_sama saja Pak, biar ringan heheh:) T.A.K

      Delete
  14. Sayangnya saya masih jarang sarapan kentang atau ubi, paling sering sarapan nasi atau roti.
    Trims infonya, saya coba sarapan ubi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lina@happyfamily_ Iya sobat, kalau belum terbiasa sedikit2 lho heheheh :) sama-sama. T.A.K

      Delete
  15. Rasa pastinya enak ubi tapi kentang gengsinya lebih tinggi, kan kentang makanan orang bule hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marchia Diandra_ dua2nya  Ĕňǎ̜̣̍
      κ̣̝̇
      κ̣̝̇
       dan rasa itu relatif. Non bule pun makan mungkin ya sob? (.̮)‎​​♓éђё(.̮)‎​​♓éђё :) T.A.K

      Delete
  16. wew, ane malah jarang sarapan lho, tapi emang enakan ubi sama kopi yah, apalagi ubi cilembu, beh ajibbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Stupid Monkey_ Iya sob, saya juga sependapat. Apalagi Ubi Cilembunya dikasih Kang Cilembu Thea, wuih mangstab :) T.A.K

      Delete
  17. saya suka keduanya Mas, tapi nggak buat sarapan, paling digado aja (istilahnya tepat nggak). kalo makan, ya nasii. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ saya suka ketiganya kang zach, ubi, kentang, dan nasi apalagi gratisan (.̮)‎​​♓éђё(.̮)‎​​♓éђё:) T.A.K

      Delete
  18. ubi bang, lebih enak dan bikin kenyangg :D

    Kunjungan Malam Sobat, Kunjungan Balik Ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Ipul_ Iya Mas ipul, saya akan blog flying ke TKP. T.A.K

      Delete
  19. kalau saya pilih ubi sob. direbus terus di goreng.. sambil ngopi pagi2.. muantep banget dech.. kata pak bondan mak nyus hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ kata bule bolu " lazis " heheh :) T.A.K

      Delete
  20. kalau aku suka kentang sob ... enak banget .. apalagi kalau di goreng .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nazar_ terus ϑĭ colekin pakai sambal, hmm yummy :) T.A.K

      Delete
  21. Alhamdulillah....saya lah orang yang setiap hari sarapan ubi anget, makanya wajah saya terlihat sumringah selalu kan?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu thea_ percaya dech Kang, pantesan mirip nicolas saputra heheheh :) T.A.K

      Delete
  22. saya pilih roti masbro tinggal beli gak usah repot lagipula untuk pehitungan harganya menurut saya lbh murah roti tinggal kasih sosis jd deh tuh, di jamin bertenaga sepanjang hari. tp kalo pilihanx cuman 2 itu pilih kentang aja dah ngambil yg aman-aman ajalah nanti interaksi sama orang luar jd kacau balau hehehehe...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kunio_ Iya sob, kenapa ya kentang identik makanannya orang luar? Padahala ubi kalau diluar itu mahal banget lho.., Heheheh :)

      Delete
  23. saya sebenarnya suka kedua-duanya, tapi ternyata yang tersaji dimeja makan adalah ayam taliwang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Blogs of Haryanto_ kalau ăĎª ♧☀ ayam taliwang saya juga [m̲̅][a̲̅][u̲̅] Mas Hary, heheh :) T.A.K

      Delete
  24. kalau ubi yang seperti diatas nggak ada masalah mas tapi kalau ketela, ubi kayu sangat anti dengan penyakit maag

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munir Ardiku_ Iya Pak Munir, ăĎª ♧☀ yang merasa demikian :) T.A.K

      Delete
  25. saya pernah bereksperimen tidak sarapan nasi tapi makan ubi atau telo godok kenyang juga tapi rasanya ada yang janggal tidak makan nasi, sampai makan siang terasa masih kenyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget mas...terasa masih ada yang kurang ya kalau ga makan nasi

      Delete
    2. Saya kalau nggak makan banyak serasa kurang heheheh :)

      Delete
    3. @Agus Setya/ @wewengkon sumedang_ Iya sayapun kalau nggak makan nasi rasanya kayak ăĎª ♧☀ yang ketinggalan gitu. T.A.K

      Delete
  26. enak ubi mas BOKU.. manis dan murah harganya.. kalau kentang hampar.. ubi produks asli dari Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ifan Ebitz_ kalau harga setuju, kalau rasa hambar mgkin belum dikasih bumbu sob, heheh :) T.A.K

      Delete
  27. sarapan dengan ubi [baik ubi jalar maupun ubi pohon] merupakan hal yg serng saya lakukan...bukan krn paham betapa hebatnya kandungan ubi tsb tapi karena mmg kondisi kala itu yg bs dipakai sarapan ya ubi..

    #ternyata bnyk bnget hal-hal/makanan sehari2 yg dibiasakan ortu kini saya tahu ternyata menu-2 yg menyehatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rierie Khayan_ Iya Mbak, saya pun juga pernah merasakan itu, sebenarnya makanan2 yang dianggap sepele seperti ubi juga banyak kandungan gizinya. T.A.K

      Delete
  28. .. aq gak terbiasa sarapan. jd gak milih. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MahaDhifa_ wah hebat dong Mbak, ƍäªќ terbiasa sarapan heheheh 90x..

      Delete
    2. @MahaDhifa_ Lɑ̤̥̈̊ƍΐ sibuk ya Mbak? T.A.K

      Delete
  29. seharusnya di fast food jualnya ubi bukan kntang goreng he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ario Antoko_ Iya Mas kalau fast foodnya yang punya saya, nanti saya jualnya ubi goreng heheheh :) T.A.K

      Delete
  30. heheh kalo aye mas semua tu,,
    alnya tu makanan sebagai senek bagi kamii,,, :)
    salam bang boku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bustan SAM_ Iya Mas Bustan, salam balik juga :) T.A.K

      Delete
  31. Dua-duanya saya suka mas .. sama-sama bikin kentut ... he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Masasha_ itu kalau sedikit sob, bikin kentutnya, kalau banyak ƍäªќ kentut kok (.̮)‎​​♓éђё(.̮)‎​​♓éђё: ) T.A.K

      Delete
  32. saya lebih suka kentang :)

    comeback

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rpl-yes_ Iya sob :) T.A.K

      Delete
  33. ubi lebih banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @boni kacak_ Iya sobat boni :) T.A.K

      Delete
  34. Kalau saya melihatnya memang kentang dan Ubi memiliki karbohidrat yg sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh, dengan sehat dan kuat kerja pasti semangat
    terima kasih sudah berbagi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penyuluh Perikanan_ Iya Pak, dua2nya punya kandungan gizi masing2. T.A.K

      Delete
  35. Wah kalo gini lebih baik dua2nya di makan, jadi ga bingung + manfaatnya jadi ganda.

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @deni_ setuju dech kalau gitu :) T.A.K

      Delete
  36. sy pribadi lbh memilih ubi pak soalx dr kecil emank sdh terbisa makan ubi.., makasih infonya *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook_ sama-sama sobat :) T.A.K

      Delete
  37. Wah.. ubi yang sering saya santap setiap pagi ternyata banyak mengandung vitamin dan bisa bermanfaat buat tubuh kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bayu S_ Iya sobat Bayu, kadang kita tidak menyadarinya akan kandungan itu :) T.A.K

      Delete
  38. menu tiap hari roti tawar,,,,
    dh jdi kyak orang bule,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KayLa_ rotinya plus keju dan selai ya ? :) heheheh.. T.A.K

      Delete
  39. Kayaknya lebih cocok ubi gitu mas buta sarapan.. kalo kentang kayaknya cocok buat camilan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Alfiyansyah_ Iya Mas Wahyu, ubi juga bisa buat camilan lho :eheheh :) T.A.K

      Delete
  40. Ubiii Absenn..


    Kunjungan Malam Sobat, Kunjungan Balik nya Saya Tunggu ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Ipul_ Iya Mas, pasti saya kesana :) T.A.K

      Delete
  41. Thank you for the interesting article and pictures. Hopefully be an inspiration for us all. Greetings from blog visits thus of http://dengandemikian.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @story silalahi_ thnk you for comed in my blog :) Happy Blogging ! T.A.K

      Delete
  42. waktu aku masih kecil suka makan ubi kang, sekarang jarang, nyari nya susah klo gak nanam sendiri hehehe... :) ternyata ubi kaya akan mineralnya yah :) makasih atas informasinya ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN_ Iya pak, sekarang. sulit memang. Tapi didaerah saya kalau [m̲̅][a̲̅][u̲̅] beli ubi dipasar tradisional masih ăĎª ♧☀. T.A.K

      Delete
  43. Replies
    1. @Brebes VS Lamongan_ apalagi sambil ngopi Kang :) T.A.K

      Delete
  44. Ubi lebih sehat ya dari Kentang...
    Kalau suruh memilih sih udah pasti pilihan ubi apalagi namanya suruh mili gratis pula lagie, apalagi yang dari mang ubi manisnya gak lekira harganya lebih mahal pula, pilih yang juara pokoknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mus Djono_ Iya Mas Mus, ubi lebih murah daripada kentang, namun kandungan gizinya juga banyak. T.A.K

      Delete
  45. kalo dari rasa...sy milih nyarap ubi nya mas...
    apalgi kalo ubi nya di makan anget2...wah bisa sekalian buat obat msk angin tuh..hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @budi os 19_ Iya Mas wes ewes ewes, bablas angine :) T.A.K

      Delete
  46. Saya malah gak pernah sarapan. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hattori Kun_ wah huebat tenan Mas Hattori ƍäªќ sarapan heheheh:)

      Delete
  47. untuk orang indonesia sangat jarang apabila orang sarapan menggunakan 2 bahan tersebut. Yang umum paling roti sama nasi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @babol only_ Iya mas babol, sekarang jarang, tapi untuk makan ubi saya kira masih banyak didaerah pedesaan, termasuk didesa saya Mas. Heheh:) T.A.K

      Delete
  48. Potensi sumber makanan non-beras kita begitu beragam dan 'luar biasa'. Namun tentu tidak mudah merubah pola makan kita. Banyak yang merasa belum makan bila tidak mengkonsumsi nasi. Konsumsi beras cenderung meningkat setiap tahun. Sumber pangan alternatif harus terus dipromosikan dan digalakkan di tengah masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herdoni Wahyono_ Benar Pak, sebagai alternatif makanan pokok kita pak :) T.A.K

      Delete
  49. Wah unik sekali ya sarapannya. Karena baik Ubi atau Kentang keduanya jarang saya santap saat sarapan. Namun untuk cemilan keduanya amat sering saya makan. Sarapan pagi saya tetap nasi (karbo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Asep Haryono_ Iya Pak, saya dulu sering kalau ubi buat sarapan, tapi sekarang sudah jarang, bahkan kadang juga kentang. Kalau pas beli gorengan, ubi goreng wajib dibeli heheh:) T.A.K

      Delete
  50. ubi rasanya lebih manis, tapi jarang sekali makan ubi, seringnya kentang mas, itu juga beli sio may pake kentang, ternyata kandungan vit c nya lebih banyak ubi ya mas.

    ReplyDelete

 
Top