Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju dan berkembang, salah satunya adalah dengan adannya sebuah printer 3D, yang mampu mencetak sebuah barang mirip dengan aslinya.

Tentang kelebihan printer 3D dalam mencetak dan membuat barang yang mirip dengan aslinya ini sudah pernah Boku no Blog postingkan sebelumnya yaitu :

1. Saatnya rumah anda dibangun dengan Printer 3D

2. Membuat cokelat dengan Printer 3D

3. N12 Bikini: Bikini dari printer 3D

4. Printer 3D Untuk Bikin Tulang Buatan

5. Trailer: Klik, Cetak, jadilah Senjata

6. Replika Janin dalam bentuk 3D

7. Origo Printer 3 Dimensi

8. Topeng 100% mirip dengan wajah asli

9. 'Mencetak' organ manusia dengan 3D-bio printer






Kali ini dengan kecanggihan teknologi printer 3D, nyawa seorang bayi bernama Kaiba Gionfriddo akhirnya dapat tertolong setelah sebelumnya dokter mengatakan bahwa batang tenggorokan si bayi bermasalah sehingga membuatnya sulit bernafas.


Kenapa bisa tertolong dengan printer 3D? Ini karena orang tua sibayi menerima saran dari tim dokter yang menangani bayi tersebut, untuk meminta bantuan tim dari University of Michigan agar dibuatkan semacam tulang penyanggah di batang tenggorokan untuk membuat pernafasan si bayi menjadi lebih baik.



Dengan menggunakan printer 3D, maka tulang penyanggah batang tenggorokan tersebut bisa dicetak dan dibuat untuk mengganti bagian tulang tenggorokan si bayi yang rusak.


Dan alhasil, setelah 21 hari kondisi si bayi menampakkan kemajuan yang baik dan sudah tidak perlu lagi bantuan tulang tenggorokan hasil cetakan untuk membantu pernafasan.

gizmodo, nejm


67 comments:

  1. Benar-benar hebat teknologi saat ini, hal yg tidak mungkin dilakukan, sekarang bisa jadi mungkin untuk dilakukan. Keren infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bayu S_ Iya Mas Bayu, teknologi banyak membantu kita. Terima kasih mas Bayu.

      T.A.K

      Delete
  2. andai ta ada tekhnologi....bisa di bayangin ya
    dunia kaya apa rupanya... :)

    Dan Alhamdulillah akhirnya...si bayi bisa tertolong ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @budi os 19_ Iya Mas Budi OS. Asal teknologi digunakan untuk hal2 bermanfaat Ya Mas..:)

      T.A.K

      Delete
  3. Bener-bener Canggih nih printer, hebat yah kang penemunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Suratno Kenthus_ Iya Kang canggih teknologi printer 3D ini.

      T.A.K

      Delete
  4. Benar-benar luar biasa kekuasaan Allah yang di berikan pada manusia,Melalui otak yang ada pada kepala kita, sehingga bisa menjadikan teknologi untuk pengobatan,mantap infonya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zigzoor blog_ Iya Kang, Allah lah yang Maha Pencipta.

      T.A.K

      Delete
  5. poto bayine ndi om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uswah_ Bayinya lagi dirawat Mbak Us..:)

      T.A.K

      Delete
  6. salam, kunjungan rutin boss. itulah pengetahuan, sungguh bermafaat sekali. terima kasih sudah berbagi info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC Sampit_ Iya Sobat, sama-sama :)

      T.A.K

      Delete
  7. sekarang serba canggih,,,
    teknologi semakin maju,,,
    makasih dah berbagi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KayLa_ Iya sobat MaYa, sama-sama..:)

      T.A.K

      Delete
  8. teknologi makin maju, banyak manfaatnya ya mas, termasuk printer 3D ini, keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy_ Iya kang El-...:)

      T.A.K

      Delete
  9. mantap 3d printer, banyak kegunaanya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mangito_ Iya Mas Mangito :)

      T.A.K

      Delete
  10. Teknologi makin cepat berkembang, harus siap-siap nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ope_ Yang penting teknologi untuk hal2 bermanfaat ya sobat :)

      T.A.K

      Delete
  11. bahkan bikini juga ya Mas? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ Iya Kang Zach:)

      T.A.K

      Delete
  12. wahh yang 9 itu postingan mas boku semua ya..
    mantep Mas. wawasannya hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_ Iya Kang hehehehe :) Masih hebatan Kang Zach...

      T.A.K

      Delete
  13. menyelamatkan bayinya mana nih mang, teknologinya canggih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus bg_ Bayinya lagi di mimiki Mas hehehe :)

      T.A.K

      Delete
  14. Teknologi masa kini memang bikin mlongo :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nazar_ Tapi jangan lebar2 Mas Nazar mlongonya, bisa kemasukan lalat lho...

      T.A.K

      Delete
  15. wow, hebat teknologi, dari kebutuhan manusia hingga menyelamatkan nyawa manusia, mantap tuh printer nya mas, di Indonesia ada ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Buret_ Mungkin sudah ada Mas Buret,..:)

      T.A.K

      Delete
  16. bener2 bikin kagum tekhnologi jaman sekarang, semua udah serba canggih.
    terimakasih atas infonya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Faceblog Evolutions_ Sama-sama sobat..:)

      T.A.K

      Delete
  17. wah semakin hebat saja ilmu pengetahuan saat ini jadi nggak bisa ngomong lihatnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @blogger Bumi Lasinrang_ Iya pak, teknologi semakin maju dan berkembang.

      T.A.K

      Delete
  18. kemajuan teknologi skrg ini memungkin apa aja bisa dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @babol only_ Iya Mas..dengan teknologi bisa membuat sesuatu, yang penting itu bermanfaat baik. T.A.K

      Delete
  19. sekarang manusia udh dimanjakan dgn tekhnologi, rugi klw ndak pinter

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P_ Benar Mbak Indah, asal jangan sok keminter, dan minteri orang lain :) T.A.K

      Delete
  20. technology kini sudah menjadi kebutuhan hidup ya sob.. lama lama makan pun di suapin juga nih sama robot hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady_ Bahkan mandiin, cukur, ngawasi orang kerja sudah ăĎª ♧☀ robotnya Mas :) T.A.K

      Delete
  21. semakin canggih teknologi akan semakin bermanfaat bagi manusia ya mas boku....sip nih 3D printer

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah dunia kang farhan,, semakin kedepan dia semakin maju,,
      hanya satu manusia yan g tak dapt di ciptakannya,, itulah nyawa ,, yea kan kang :)
      hehe
      salam kang farhan :)

      Delete
    2. Benar, bahkan sekarang ăĎª ♧☀ rumor sedang ăĎª ♧☀ trial, untuk menghidupkan orang mati dengan teknologi, pengetahuan. Ini benar atau tidaknya masih tanda tanya?

      Delete
    3. @Kang Farhan/ @Tangga Islam - Penyejuk hati_ asal teknologi digunakan untuk hall2 bermanfaat, dan manusia tidak boleh sombong, karena tetap satu yang Maha Pencipta. T.A.K

      Delete
  22. assalam bang,,
    ilmu yang sangat menarik bang,,
    terkadang ilmu teknologi sangat banyak mamfaatnya,, namun jika salah dipergunakan pasti akan sebaliknya,,
    salam bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bustan SAM_ benar Mas Bustan, itu akan jadi boomerang buat kita, dan kehancuran yang akan terjadi. T.A.K

      Delete
    2. hehe iyea bang,,

      semoga saja tidak salah dalam mempergunakan yea :)
      aminn :)
      salam bang

      Delete
  23. hebat juga ya... teknologi makin jauh makin canggih aja. asalkan jgn sampe ada teknologi yg bisa mencetak manusia lengkap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Peluang Usaha Online Oke_ Benar Sobat, karena pencipta Manusia adalah Tuhan Sang Maha Pencipta, dan manusia tidak ăĎª ♧☀ apa2nya. T.A.K

      Delete
  24. berarti bisa mencetak gambar abegeh ya mas,
    michigan itu tempat sekolah nya mas boku kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ Bisa Mas, bahkan ABG Tua pun bisa. Kan kita satu sekolahan Mas ? Ingat nggak sama tukang kebunnya?? Heheheh:) T.A.K

      Delete
  25. masya Allah ,. makin canggih aja ya mas teknologi sekarang .
    semoga selalu dimanfaatkan di jalan kebaikan saja . amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iin indriyani_ Amiin .., setuju Mbak Iin asal teknologi dibuat untuk kebaikan ya.. T.A.K

      Delete
  26. wih, saya bingung bagaimana bentuk printer 3D nya kalau begitu apapun bisa dibuat ya gan...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Alya Zahra_ Bentuknya adalah mesin printing yang dilengkapi dengan molding, scanner untuk meniru bentuk aslinya. T.A.K

      Delete
  27. Wah menarik sekali, tapi bagaimana ya model hasil cetakan printer 3D itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bisnis Online Master_ hasilnya mirip dengan aslinya sobat, bahkan sepintas tidak tahu kalau itu adalah duplikatnya. T.A.K

      Delete
  28. jaman makin canggih
    kayaknya lama lama orang ga perlu kawin lagi buat punya anak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins_ waduh, gimana itu Mas Rawins? :) T.A.K

      Delete
  29. teknologi yang bermanfaat untuk dunia kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi_ Iya Kang :) T.A.K

      Delete
  30. .. wachhhhhh,, makin canggih aja nich. banyak orang pinternya sich. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Vpie_ Heheheh..90x.. T.A.K

      Delete

 
Top